Menpora Amali Lantik Gunawan Suswantoro Sebagai Sesmenpora RI

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, secara resmi melantik Gunawan Suswantoro sebagai Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Sesmenpora RI). Gunawan menggantikan Jonni Mardizal yang sebelumnya menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Sesmenpora.

Menpora Amali Lantik Gunawan Suswantoro Sebagai Sesmenpora RI Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, secara resmi melantik Gunawan Suswantoro sebagai Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Sesmenpora RI). Gunawan menggantikan Jonni Mardizal yang sebelumnya menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Sesmenpora. (foto: suhendra/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali, secara resmi melantik Gunawan Suswantoro sebagai Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Sesmenpora RI). Gunawan menggantikan Jonni Mardizal yang sebelumnya menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Sesmenpora.

"Dengan ini secara resmi saya melantik saudara. Saya percaya bahwa saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan tanggungjawab yang diberikan. Semoga Allah SWT Tuhan YME bersama kita," kata Menpora Amali pada acara Pelantikan, Pengambilan Sumpah Jabatan dan Serah Terima Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, di Auditorium Wisma Menpora, Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (2/11).

Dalam pelantikan, Menpora Amali mewajibkan setiap yang dilantik mengenakan pakaian Korpri. Hal itu memiliki makna, yakni agar setiap orang yang dilantik selalu ingat, bahwa dia adalah Aparatur Sipil Negara (ASN).

"Ini telah saya tradisikan sejak saya masuk di Kemenpora, kita tidak melantik pakai PSL. Maknanya adalah mengingatkan kepada yang dilantik, baik pejabat paling tinggi sampai kebawah, mereka adalah ASN. Punya tanggungjawab untuk mengabdi kepada bangsa dan negara dan juga tanggung jawab melayani bukan untuk dilayani. Sehingga selalu ingat bahwa kita ini pelayan. Tugas kita adalah melayani rakyat sesuai fungsi dari ASN, termasuk saya," urai Menpora Amali.

"Saya meyakini bahwa pilihan Bapak Presiden, menempatkan bapak disini melalui Keppres adalah hal yang tepat. Dengan pengalaman panjang 13 tahun menjadi Sekjen di Bawaslu dan melayani Satker hingga ke Kabupaten/Kota dan Provinsi di seluruh Indonesia. Jadi, kalau dari pengalaman saya kira Pak Gunawan kita tidak ragukan, ini birokrat murni, tulen yang berasal dari Kementerian Dalam Negeri," tambah Menpora Amali.

Lingkungan di Kemenpora, lanjut Menpora Amali, tentu berbeda dengan di Bawaslu. Tantangannya juga berbeda, seni mengatasi masalah juga berbeda. 

"Apa yang sedang kita lakukan ada lima program prioritas. Diantaranya adalah perbaikan tata kelola, percepatan pelayanan birokrasi, dan sebagainya. Semoga kehadiran bapak bisa mempercepat reformasi birokrasi di Kemenpora," harap Menpora Amali.

Menpora Amali menambahkan, Kemenpora tak hanya berkaitan dengan urusan dalam negeri, melainkan dengan federasi internasional cabang-cabang olahraga.

"Kemudian urusan kita bukan hanya dalam negeri, tapi juga dengan lembaga-lembaga internasional khususnya dari masing-masing cabor. Dengan pengalaman bapak yang sudah tidak diragukan lagi saya berharap bapak bisa memperkuat Kemenpora ini," pungkas Menpora Amali menambahkan. 

"Selamat atas pelantikan ini semoga sukses. Menteri itu hanya mampir paling lama lima tahun tapi penghuni tetap adalah bapak ibu semua, para ASN ini, jadi jagalah kantor ini semoga menjadi kebanggaan bagi kita semua," pungkas Menpora Amali.(ben)

BAGIKAN :
PELAYANAN