LPTK Cup X UNJ 2021 Dimulai, Memperebutkan Piala Bergilir Menpora

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) Cup X UNJ 2021. Ajang yang tepat untuk menggelorakan olahraga dan pendidikan ini akan memperebutkan Piala Menpora.

LPTK Cup X UNJ 2021 Dimulai, Memperebutkan Piala Bergilir Menpora Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) Cup X UNJ 2021. Ajang yang tepat untuk menggelorakan olahraga dan pendidikan ini akan memperebutkan Piala Menpora. (foto:putra/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali secara resmi membuka LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) Cup X UNJ 2021. Ajang yang tepat untuk menggelorakan olahraga dan pendidikan ini akan memperebutkan Piala Menpora. 

Menpora Amali juga memberikan ucapan selamat kepada UNJ yang telah menyelenggarakan  LPTK CUP X yang menjadi bagian dari sinergitas perguruan tinggi dalam memajukan olahraga. Sekaligus mengumumkan piala bergilir Menpora untuk juara umum LPTK CUP.  

“Mulai sekarang LPTK CUP ini bisa memperebutkan piala bergilir Menpora,” ucap Menpora Amali disambut tepuk tangan yang meriah oleh para peserta pada acara pembukaan di Hotel Borobudur Jakarta, Jumat (2/12) malam. 

Pada acara tersebut Menpora juga menjelaskan mengenai DBON yang sangat relevan dengan LPTK CUP X yang diselenggarakan UNJ. Sejak Perpres 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional dicanangkan, kini stakeholder olahraga memiliki panduan dalam menentukan ukuran dan target yang ingin dicapai. 

Perpres 86  Tahun 2021 tentang DBON hadir dari kerisauan Presiden Joko Widodo mengenai pembinaan olahraga. Ekosistem pembinaan olahraga nasional harus segera dimiliki sebagai acuan. “LPTK menjadi bagian yang dirisaukan,” ucap Menpora Amali. 

Pemetaan permasalahan olahraga pun dilakukan dengan mengundang pelbagai praktisi olahraga, profesor olahraga, akademisi, KONI, KOI, pelatih, serta stakeholder keolahragaan. Pemetaan dilakukan mulai dari permasalahan olahraga dari hulu seperti kebugaran hingga nasib atlet. Kemenpora telah keliling ke pelbagai universitas. “Saya kira LPTK memiliki kewajiban mensosialisasikan kepada masyarakat Desain Besar Olahraga Nasional,” ujar Menpora Amali.

Menpora Amali berharap dengan hadirnya DBON akan menciptakan prestasi olahraga yang bukan berasal dari by accident tetapi by design.“Kami diyakinkan praktisi olahraga,” ucap Menpora Amali yang optimis Indonesia dapat meraih prestasi terbaik di Olimpiade 2024.

Sementara,  Rektor UNJ Prof. Komarudin dalam sambutannya mengatakan pembangunan olahraga integral dengan pembangunan bangsa. Pembangunan sumber daya manusia tentu memerlukan pembangunan di bidang olahraga. 

“Melalui olahraga dapat ditanamkan karakter unggul, inovatif, disiplin, sportivitas semangat kerjasama, rasa kebanggan dan kehormatan,” ucap Prof. Komarudin. Nilai-nilai inilah yang mendasari UNJ menjalankan LPTK CUP X. 

Penyelenggaraan LPTK CUP X juga sejalan dengan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang dicanangkan Kemenpora sebagai acuan dalam pembinaan tata kelola olahraga nasional. LPTK memiliki peran sentral dalam pembinaan prestasi. “Kami siap Pak Menteri untuk mensukseskan DBON,” ucap Prof. Komarudin.(ben)
 

BAGIKAN :
PELAYANAN