HSP HSP
Selamat Datang Di Website Baru KEMENPORA RI Selamat Datang Di Website Baru KEMENPORA RI
Laporan Pajak Laporan Pajak
Selamat bergabung keluarga kemenpora RI Selamat bergabung keluarga kemenpora RI

Buka Rakor Lintas Sektor Pelayanan Kepemudaan, Menpora RI Tekankan Pentingnya Sinergi Bersama Menuju SDM yang Unggul

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali membuka rapat koordinasi strategi lintas sektor pelayanan kepemudaan secara virtual, Selasa (13/10). Pada kesempatan ini, Menpora RI menyampaikan, untuk menuju sumber daya manusia yang unggul, perlu sinergi secara bersama-sama.

Buka Rakor Lintas Sektor Pelayanan Kepemudaan, Menpora RI Tekankan Pentingnya Sinergi Bersama Menuju SDM yang Unggul Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali membuka rapat koordinasi strategi lintas sektor pelayanan kepemudaan secara virtual, Selasa (13/10). Pada kesempatan ini, Menpora RI menyampaikan, untuk menuju sumber daya manusia yang unggul, perlu sinergi secara bersama-sama.(foto:putra/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali membuka rapat koordinasi strategi lintas sektor pelayanan kepemudaan secara virtual, Selasa (13/10). Pada kesempatan ini, Menpora RI menyampaikan, untuk menuju sumber daya manusia yang unggul, perlu sinergi secara bersama-sama.

“Sebagus apa pun program kalau tidak dijalankan secara sinergi maka akan percuma. Oleh sebabnya, saya apresiasi rapat koordinasi lintas sektor ini. Sumber daya manusia yang unggul akan mengantarkan negara kita untuk maju,” kata Menpora RI.

Menpora RI menjelaskan, peran pemuda sangat signifikan dalam kemajuan suatu bangsa. Sejalan dengan ini, Kemenpora RI telah menyiapkan program prioritas tahun 2020-2024. Dua dari lima program prioritas yang disiapkan Menpora RI, berisi tentang kepemudaan. 

Bunyi dari dua program prioritas tersebut yaitu: pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri, dan berdaya saing serta menumbuhkan semangat kewirausahaan. Lalu, penguatan ideologi pancasila dan karakter serta budaya bangsa dikalangan pemuda.

“Memang ini lah salah satu yang harus dilakukan dan menjadi prioritas dari Kemenpora RI. Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2017 juga sudah mengamanatkan tentang koordinasi lintas kementerian/lembaga untuk melakukan berbagai hal tentang aktivitas atau kegiatan kepemudaan ini,” kata Menpora RI. 

Kemenpora RI juga secara serius memberikan perhatian terhadap pengembangan kepemimpinan pemuda, pramuka, dan pengembangan kewirausahaan pemuda. Tema besar tersebut menjadi tantangan tersendiri untuk secara bersama-sama harus disiapkan. 

“Kita tahu bahwa pemuda harus kita siapkan dengan baik. Karena masa depan suatu bangsa sangat tergantung dari kesiapan para pemudanya. Urusan kepemudaan ini bukan hanya tanggung jawab Kemenpora saja. Berbagai kementerian/lembaga juga punya tanggung jawab yang sama,” ujar Menpora RI. 

“Tetapi, di Kemenpora secara spesifik program prioritas tahun 2020-2024 ini telah menempatkan program kepemudaan menjadi program prioritas. Kami harap kementerian/lembaga lain juga bersama-sama agar supaya program kepemudaan bisa disinergikan,” sambung Menpora RI. 

Lebih lanjut, Menpora RI menerangkan, rapat koordinasi ini juga bagian dari upaya untuk menyinkronkan berbagai kegiatan program dibidang kepemudaan. Untuk itu, pertemuan virtual ini diharap dapat menghasilkan rekomendasi yang lebih baik untuk kedepannya. “Hari ini rapat koordinasi sangat penting untuk dibahas kementerian/lembaga terkait. Untuk itu saya harap rapat ini bisa menghasilkan sesuatu rekomendasi yang baik,” pungkas Menpora RI. 

Hadir dalam rapat tersebut, Staf Khusus Wakil Presiden, Lukmanul Hakim, Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Asrorun Ni’am Sholeh, Plt Deputi Bidang Koordinasi Kualitas Anak, Perempuan, dan Pemuda pada Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Satya Sananugraha. 

Kemudian, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, pada Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Mohammad Rudy Salahuddin. Serta, juga hadir dari perwakilan dari Setwapres, Setkab, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kemendikbud, Kemenperin, Bappenas, serta sejumlah tamu undangan lainnya.(jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN