Selamat Datang Di Website Baru KEMENPORA RI Selamat Datang Di Website Baru KEMENPORA RI
Laporan Pajak Laporan Pajak
Selamat bergabung keluarga kemenpora RI Selamat bergabung keluarga kemenpora RI

Kemenpora RI Bersama Wakil Ketua Komisi X DPR RI Tinjau Stadion Manahan Solo

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) bersama DPR RI terus bersinergi untuk memajukan olahraga Indonesia. Hari Kamis (1/10) Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, dan Staf Ahli Menteri bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal ikut mendampingi Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih dan rombongan meninjau Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.

Kemenpora RI Bersama Wakil Ketua Komisi X DPR RI Tinjau Stadion Manahan Solo Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) bersama DPR RI terus bersinergi untuk memajukan olahraga Indonesia. Hari Kamis (1/10) Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, dan Staf Ahli Menteri bidang Ekonomi Kreatif Jonni M

Solo: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) bersama DPR RI terus bersinergi untuk memajukan olahraga Indonesia. Hari Kamis (1/10) Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah, dan Staf Ahli Menteri bidang Ekonomi Kreatif Jonni Mardizal ikut mendampingi Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih dan rombongan meninjau Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah.   

Stadion Manahan Solo menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 Tahun 2021. Stadion tersebut terus berbenah dan mengalami perubahan yang baik. Pemkot sendiri juga tengah menyiapkan lapangan pendukung untuk latihan para pemain peserta turnamen FIFA itu. 

“Kunjungan kerja ini sebagai salah satu bukti keinginan anggota DPR RI yang serius (dalam menperhatikan sepak bola). Sekaligus mendengar dengan sebanyak-banyaknya (aspirasi) dari masyarakat,” ujar Faisal. 

Ia juga mengatakan, rombongan yang hadir meninjau merasa puas terhadap sarana olahraga tersebut. Namun, tak menutup kemungkinan kedepan ada masukan agar Stadion Manahan Solo bisa lebih baik lagi. 

“Semoga olahraga kita bisa berprestasi. Termasuk juga olahraga pendidikan dapat memberi sumbangsih yang besar terhadap prestasi olahraga kita melalui pendidikan sendiri,” terangnya. “Kemudian pimpinan rombongan sebelum menutup pertemuan menyatakan masukan bisa saja diberikan bukan pada hari ini, tapi bisa kapan saja,” tambahnya. 

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih mengaku kagum dengan kemegahan Stadion Manahan Solo. Selain kondisi lapangan yang menggunakan rumput lokal, namun berstandar FIFA, secara keseluruhan ia menilai Stadion Manahan sudah melewati perubahan yang pesat dibandingkan sebelum direnovasi.

“Kami melihat stadion di Kota Solo ini secara umum sangat siap menggelar event skala internasional seperti Piala Dunia U-20. Kami melihat sarana dan prasarana sangat memadai, rumput stadion juga sangat bagus meski dengan memakai rumput lokal Indonesia saja,” ujar Fikri usai meninjau Stadion Manahan Solo.

Setelah mendengar paparan Expert Consultant Stadion Manahan Solo, Doktor Rahayu, Fikri menjelaskan bahwa kualitas rumput stadion yang menggunakan rumput lokal dari Pantura Jawa ini tidak kalah dengan di Stadion Gelora Bung Karno di Jakarta.

“Kami juga melihat langsung cara perawatan rumput stadion dan fasilitas pendukung lainnya, seperti perawatan dan tempat duduk di tribun penonton yang memiliki kapasitas 20.003 penonton itu,” terang Fikri.

Stadion Manahan Solo diketahui menggunakan rumput jenis “Zoysia Japonica”, dan dirawat intensif setiap hari karena lapangan tersebut akan menjadi salah satu venue pertandingan Piala Dunia U-20. Fikri mengatakan meskipun masih masa pandemi COVID-19, program penyiapan Piala Dunia U-20 harus tetap jalan sesuai dengan kemajuan yang dirancang.

Selain itu, Fikri pun berharap RUU tentang Sistem Keolahragaan dan persiapan Piala Dunia U-20 tetap jalan. Sebab event ini merupakan ajang internasional yang cukup bergengsi, sehingga menjadi sarana yang tepat dalam rangka mempromosikan eksistensi Indonesia di mata dunia.

Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo menyambut baik kunjungan Komisi X DPR RI ini. Menurut Hadi Rudyatmo, Solo memang sedang berbenah menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20, termasuk menyiapkan lima lapangan pendukung untuk latihan para pemain peserta turnamen FIFA itu.(doc)

BAGIKAN :
PELAYANAN