Buat Bangga! Lifter Muda Satrio Adi Nugroho Raih Emas dan Cetak Rekor Kejuaraan Dunia Angkat Besi Remaja 2021

Lifter muda Satrio Adi Nugroho membuat bangga Indonesia setelah mengikuti Kejuaraan Dunia Angkat Besi Remaja 2021 pada turnamen yang berlangsung di Jeddah, Arab Saudi. Atlet asal Jawa Barat itu mampu meraih emas sekaligus memecahkan rekor.

Buat Bangga! Lifter Muda Satrio Adi Nugroho Raih Emas dan Cetak Rekor Kejuaraan Dunia Angkat Besi Remaja 2021 Lifter muda Satrio Adi Nugroho membuat bangga Indonesia setelah mengikuti Kejuaraan Dunia Angkat Besi Remaja 2021 pada turnamen yang berlangsung di Jeddah, Arab Saudi. Atlet asal Jawa Barat itu mampu meraih emas sekaligus memecahkan rekor.(foto:correcto.Id)

Jeddah: Lifter muda Satrio Adi Nugroho membuat bangga Indonesia setelah mengikuti Kejuaraan Dunia Angkat Besi Remaja 2021 pada turnamen yang berlangsung di Jeddah, Arab Saudi. Atlet asal Jawa Barat itu mampu meraih emas sekaligus memecahkan rekor.

Satrio berhasil mengangkat beban 111 kilogram dalam angakatan snatch di kelas 55 kilogram. Capaian ini memecahkan rekor 110 kilogram milik lifter Vietnam, Do Tu Tung, yang diciptakan pada Februari 2020 di Uzbekistan.

Mulanya, Satrio mengangkat beban 101 kilogram. Namun, pada kesempatan kedua, dia gagal setelah mencoba mengangkat beban 107 kilogram. Setelahnya, Satrio mampu membuat kejutan. Kesempatan ketiga, dia berhasil mengangkat beban dengan berat 111 kilogram. 

Hasil ini tentu membuat bangga masyarakat Indonesia. Kemudian ini juga sekaligus membuktikan bahwa cabor angkat besi sukses mengorbitkan atlet junior. 

Sementara itu, urutan kedua diraih lifter tuan rumah, Muhammad Ali Majed Kalitit dengan angkatan seberat 100 kilogram. Sedangkan lifter Thailand, Patsapong Thong Suk berada di posisi ketiga dengan angkatan terbaik 99 kilogram.

Namun, dalam angkatan clean and jerk, Satrio gagal meraih hasil terbaiknya. Dia tidak bisa mengangkat beban di angka 127 kilogram pada kesempatan pertama dan keduanya. Pada kesempatan ketiganya, Satrio kembali gagal melakukan angkatan dengan berat 128 kilogram. 

Kendati demikian, Pelatih Kepala Tim Angkat Besi Indonesia, Dirdja Wihardja mengatakan, Satrio sudah melakukan tugasnya dengan maksimal. Menurutnya, Satrio grogi karena ini merupakan pertama kalinya dia tampil di level dunia.

"Perjuangan Satrio sudah maksimal. Dia sempat nervous ketika tampil di Clean & Jerk, padahal dalam latihan sehari-hari, dia sanggup mengangkat beban seberat 140 kg,” kata Dirdja dalam keterangannya, Kamis (7/10).

“Ini merupakan pengalaman pertamanya tampil di kejuaraan level dunia, wajar jika dia agak grogi. Tapi, yang pasti mampu membuat kejutan, karena tidak diperhitungkan,” tandasnya.(dok/jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN