Resmi Buka Indonesia Open Aquatic Championship 2022, Menpora Amali Harap Jadi Ajang Jaring Talenta Muda untuk Pelatnas

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka Indonesia Open Aquatic Championship (IOAC) 4th 2022 di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (12/12). Acara ini rencanannya akan berlangsung 12-19 Desember 2022.

Resmi Buka Indonesia Open Aquatic Championship 2022, Menpora Amali Harap Jadi Ajang Jaring Talenta Muda untuk Pelatnas Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka Indonesia Open Aquatic Championship (IOAC) 4th 2022 di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (12/12). Acara ini rencanannya akan berlangsung 12-19 Desember 2022.(foto:bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka Indonesia Open Aquatic Championship (IOAC) 4th 2022 di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin (12/12). Acara ini rencanannya akan berlangsung 12-19 Desember 2022.

Dalam sambutannya, Menpora Amali mewakili pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada induk cabang olahraga renang, Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Pertama-tama pemerintah menyampaikankan apresiasi dan terima kasih kepada PRSI yang telah melaksanakan kegiatan Indonesia Open Aquatic Championship 2022 dan sudah tertunda selama dua tahun karena pandemi,” ujar Menpora Amali.

Dalam kesempatan ini, Menpora Amali kembali mengingatkan bahwa Renang merupakan salah satu cabang olahraga unggulan yang masuk di dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Hal tersebut dikarenakan Renang merupakan cabang olahraga yang dipertandingkan di olimpiade, selain itu hasil dari review bahwa Indonesia akan mengandalkan cabang-cabang olahraga yang mengandalkan teknik dan akurasi.

“Salah satu pilihannya adalah cabang olahraga renang. Itulah sebabnya, saya menyambut baik apalagi informasi dari PRSI sekarang ini Tim Nasional (Pelatnas) Indonesia punya pelatih yang bagus. Oleh karena itu saya mendukung semua program yang dilakukan oleh PRSI,” tegas Menpora Amali.

Namun demikian, Menpora Amali menjelaskan bahwa cabang olahraga yang masuk di dalam DBON diterapkan sistem promosi dan degradasi, dimana cabang olahraga yang tidak berprestasi dalam kurun waktu tertentu akan dikeluarkan dari cabang olahraga unggulan dan akan digantikan dengan cabang olahraga yang bisa berprestasi.

Selain itu, Menpora Amali berharap Indonesia Open Aquatic Championship 2022 dimanfaatkan para atlet untuk bertanding dan menjaring talenta muda untuk tim nasional.

“Sekali lagi atas nama pemerintah saya mengapresiasi dan berterima kasih, terima kasih kepada PRSI dan terima kasih kepada Menteri BUMN karena sudah memutuskan dua BUMN yang akan yang memberikan dukungan kepada renang,” katanya.

Menpora berharap pemerintah dan stakeholder olahraga terus bersinergi, sehingga olahraga semakin maju dan target Indonesia 100 tahun Indonesia merdeka berada di peringkat 10 besar dunia tercapai.

“Akhirnya dengan senantiasa mengharapkan ridho dan rahmat Allah SWT dan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, dengan ini secara resmi saya membuka Indonesia Open Aquatic Championship tahun 2022. Selamat bertanding, semoga semuanya sukses, sukses penyelenggaraan, sukses prestasi,” pungkasnya.

Ketua Panitia Pelaksana kegiatan ini Ali Andi Patiwiri menlaporkan acara ini dilaksanakan 12-19 Desember 2022 dengan mempertandingkan 5 cabang olahraga antara lain renang, loncat Indah, Polo Air, Renang Indah dan Master.

Menurutnya, Renang diikuti 126 klub dengan jumlah atlet 674 orang dan official sebanyak 185 orang. Loncat Indah diikuti oleh 6 pengurus provinsi dan 4 klub dengan jumlah atlet 84 orang dan official 36 orang. Polo Air diikuti oleh tim 5 tim putra dan 4 tim Putri dengan jumlah atlet 120 orang dan official 43 orang. 

Sementara Renang Indah jumlah peserta sebanyak 91 atlet dan 37 official dari 9 klub serta Master diikuti oleh 130 orang atlet dari 17 perkumpulan renang master yang ada di Jakarta. “Sehingga jumlah peserta atlet dan ofisial yang mengikuti Indonesia Open Aquatic Championship 2022 sebanyak 1400 orang,” jelasnya.

Ketua Umum PRSI Anindya Bakrie dalam dalam sambutannya turut menyampaikan apresiasi dan ucapan terimkasih atas dukungan pemerintah terutama Menpora Amali dan menteri BUMN Erick Thohir. Selain kepada pemerintah, Anindya Bakrie juga mencucapan terimkasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini.

Hadir dalam acara ini, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman dan sejumlah pejabat serta stakeholder olahraga lainnya.(ded)

BAGIKAN :
PELAYANAN