Tiba di Indonesia, Kontingan Asean Para Games 2023 Kamboja Mendapat Sambutan Luar Biasa

Perhatian pemerintah terhadap perjuangan atlet Indonesia yang baru saja mengharumkan nama bangsa di ajang Asean Para Games (APG) 2023 Kamboja terus diberikan. Hari Sabtu (10/6) malam, kontingen Merah Putih telah tiba di Indonesia dengan pesawat carter turun di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah.

Tiba di Indonesia, Kontingan Asean Para Games 2023 Kamboja Mendapat Sambutan Luar Biasa Perhatian pemerintah terhadap perjuangan atlet Indonesia yang baru saja mengharumkan nama bangsa di ajang Asean Para Games (APG) 2023 Kamboja terus diberikan. Hari Sabtu (10/6) malam, kontingen Merah Putih telah tiba di Indonesia dengan pesawat carter turun di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah.(foto:raiky/kemenpora.go.id)

Solo: Perhatian pemerintah terhadap perjuangan atlet Indonesia yang baru saja mengharumkan nama bangsa di ajang Asean Para Games (APG) 2023 Kamboja terus diberikan. Hari Sabtu (10/6) malam, kontingen Merah Putih telah tiba di Indonesia dengan pesawat carter turun di Bandara Adi Soemarmo, Solo, Jawa Tengah. 

Perjuangan para atlet Indonesia di Asean Para Games memang layak mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Bahkan ketika berjuang di Kamboja hingga kembali ke Indonesia terus mendapat dukungan dan apresiadi penuh dari pemerintah.

Seperti yang dilakukan Menpora Dito Ariotedjo misalnya, selama tiga hari, menteri yang berusia 32 tahun ini turun langsung untuk memberi motivasi kepada para atlet yang sedang berjuang di Kamboja. Salah satunta menyaksikan langsung pertandingan Sitting Voleyball (voli duduk) hingga final CP Football. 

Dari seluruh pertandingan, Indonesia akhirnya dipastikan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2023 dan kokoh di posisi teratas dengan raihan 159 medali emas, 148 medali perak dan 94 medali perunggu. Hasil ini membawa Indonesia juara umum tiga kali beruntun alias hattrick, setelah di Malaysia (2017) dan tahun lalu saat menjadi tuan rumah. 

"Indonesia kembali mendapatkan predikat juara umum. Ini adalah sebuah kebangaan dan tentu kita sangat bahagia Indonesia kembali meraih gelar itu ketiga kali beruntun," kata Menpora Dito Ariotedjo.

Selain itu, capaian kontingen Indonesia di Kamboja semakin lengkap dengan deretan pemecahan 15 rekor. 11 rekor di cabor para renang dan 4 rekor angkat berat.

"Lebih istimewa lagi, pada edisi kali ini merupakan perolehan medali terbanyak ketika tidak menjadi tuan rumah, ini merupkan sejarah. Bahkan untuk medali perak dan perunggu," jelasnya.

Ketika balik ke Indonesia, para atlet Indonesia yang berjuang di Asean Para Games 2023 Kamboja juga mendapat sambutan luar biasa. Salah satunya disambut langsung oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Puan menyambut rombongan kontingen Asean Para Games Indonesia yang tiba di Bandara Adi Sumarmo, Solo, dari Kamboja, pada Sabtu (10/6) pukul 17.00 WIB, Puan pun memberi selamat sambil menyalami atlet dan pelatih yang telah berjuang di pesta multi-cabang olahraga atlet berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas se-Asia Tenggara itu.

Selain menyalami, Puan juga mengalungkan bunga kepada sejumlah atlet sebagai bentuk penghargaan atas prestasi gemilang kontingen Indonesia. Ia juga sempat berbincang-bincang dengan para atlet.

Atas prestasi kontingen Indonesia di Asean Para Games 2023, Puan menyampaikan ucapan terima kasih karena berkat kerja keras dan dedikasi mereka, Indonesia berhasil keluar sebagai juara umum dengan perolehan medali melebihi yang ditargetkan.

"Saya merasa bangga atas capaian kontingen Indonesia di Asean Para Games 2023 yang digelar di Kamboja ini. Prestasi seluruh anggota kontingen Indonesia mampu membawa Indonesia hattrick juara umum Asean Para Games," kata Puan.

Sementara itu CdM Asean Para Games 2023 Kamboja Indonesia Andi Hernan menyampaikan terima kasih atas apresiasi tinggi yang akan diberikan pemerintah sebagai bentuk kesetaraan dimana hal itu menjadi motivasi tinggi para atlet agar dapat terus fokus berprestasi.

"Atas apresiasi yang akan disampaikan oleh pemerintah sekali lagi akan menjadi motivasi bagi atlet untuk bisa terus berkompetisi dengan atlet negara lain. Semoga Asian Games dan Paralimpiade kita bisa berprestasi. Dan semoga konsistensi yang ada dari pemerintah selama ini bisa mendukung semua upaya atlet untuk bisa mencapai target minimal agar bisa meloloskan baik untuk Asian Games dan Paralimpiade," kata Andi.(amr)

BAGIKAN :
PELAYANAN