Dihadiri Menpora Amali, Grand Launching PON 2024 di Sumut Diikuti 17 Ribu Peserta

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menghadiri sekaligus melaunching Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 2024 Aceh-Sumut di Lapangan Astaka, Medan, Minggu (29/1). Acara ini dihadiri 17 ribu peserta yang terdiri masyarakat, pelajar, serta para atlet dari berbagai cabang olahraga.

Dihadiri Menpora Amali, Grand Launching PON 2024 di Sumut Diikuti 17 Ribu Peserta Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menghadiri sekaligus melaunching Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 2024 Aceh-Sumut di Lapangan Astaka, Medan, Minggu (29/1). Acara ini dihadiri 17 ribu peserta yang terdiri masyarakat, pelajar, serta para atlet dari berbagai cabang olahraga. (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Medan: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali menghadiri sekaligus melaunching Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-21 2024 Aceh-Sumut di Lapangan Astaka, Medan, Minggu (29/1). Acara ini dihadiri 17 ribu peserta yang terdiri masyarakat, pelajar, serta para atlet dari berbagai cabang olahraga. 

Grand launching maskot, tagline dan logo ajang pesta olahraga nasional ini ditandai dengan pemukulan gendang oleh Menpora Amali bersama Gubernur Sumut Edy Rahmayadi serta unsur forkopimda. Kegiatan tersebut berlangsung meriah dengan adanya penampilan paramotor, budaya, dan seni. 

“Pelaksanaan PON ke-21 tahun 2024 Aceh-Sumut akan dimulai September 2024 yang akan datang. Pembukaannya di Aceh dan penutupannya di Sumatera Utara,” ujar Menpora Amali. 

Menpora Amali mengatakan, penyelenggaraan PON di dua provinsi merupakan pengalaman pertama yang dilakukan. Sebab, sebelumnya pelaksanaan hanya terpusat di satu provinsi saja. 

“PON sebelumnya satu provinsi yaitu di Papua. Selanjutnya nanti dua provinsi (Aceh-Sumut) supaya mempercepat untuk memberi kesempatan pada provinsi lain yang belum mendapatkan giliran tuan rumah,” terang Menpora Amali.

Menpora Amali berharap Sumut bisa menjadi tuan rumah yang baik dan amanah. Kesempatan ini harus dimaksimalkan oleh pemerintah provinsi dan masyarakat. 

“Ini adalah amanah yang diberikan kepada provinsi Sumatera Utara. Jalankan ini dengan sebaik-baiknya. Saya yakin dan percaya Pemprov Sumut punya tekad dan semangat untuk menjadi yang terbaik,” jelas Menpora Amali. 

Sementara itu, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman mengaku bangga melihat semangat masyarakat yang hadir. Dia pun memberi dukungan penuh dalam kesuksesan penyelenggaraan PON Aceh-Sumut. 

“Kepada KONI daerah silakan mempersiapkan kontingen dengan sebaik-baiknya. Semoga ada perbaikan dan peningkatan pembinaan atlet. Besar harapan saya ajang PON ini memberi semangat persatuan dan kesatuan dintara kita sebagai bangsa, semakin erat dan kita jadikan olahraga sebagai pemersatu bangsa,” jelas Marciano.(jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN