Menpora Amali Dampingi Menko Polhukam Umumkan Liga 1 Kembali Bergulir Tanpa Penonton

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mendampingi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengumumkan Liga 1 musim 2022 kembali bergulir. Kompetisi sepak bola nasional tersebut sempat dihentikan usai terjadinya tragedi di Kanjuruhan, Malang.

Menpora Amali Dampingi Menko Polhukam Umumkan Liga 1 Kembali Bergulir Tanpa Penonton Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mendampingi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengumumkan Liga 1 musim 2022 kembali bergulir. Kompetisi sepak bola nasional tersebut sempat dihentikan usai terjadinya tragedi di Kanjuruhan, Malang.(foto:egan/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mendampingi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md mengumumkan Liga 1 musim 2022 kembali bergulir. Kompetisi sepak bola nasional tersebut sempat dihentikan usai terjadinya tragedi di Kanjuruhan, Malang.

“Pemerintah mengumumkan kompetisi sepak bola Liga 1 bergulir tanpa penonton,” ujar Menko Polhukam di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Senin (5/12). Ikut hadir Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Menko Polhukan juga menyampaikan reformasi sepak bola nasional berlangsung usai kesepakatan yang telah dilakukan. Selain itu, rekomendasi dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan sudah dijalankan. 

“Kapolri sudah menjamin keamanannya. Stadion-stadion mulai disiapkan, renovasi, agar memenuhi standar internasional. Ini untuk kepentingan sepak bola kita,” terang Menko Polhukam.

Sementara itu, Menpora Amali menambahkan pelaksanaan bergulirnya Liga 1 diputuskan menyusul setelah Polri mengeluarkan izin. PSSI dan PT LIB, lanjut Menpora Amali akan menjalankan dan mematuhi aturan serta panduan yang telah dibuat. 

“Kompetisi sepak bola Liga 1 itu diteruskan setelah sempat terhenti. Jadwal dan lain-lainnya sudah ada dan dikoordinasikan kepada Polri,” terang Menpora Amali. 

Lebih lanjut, Menpora Amali menegaskan pentingnya kompetisi Liga 1 untuk dilanjutkan. Sebab hal ini akan berdampak pada Timnas Indonesia, karena banyak agenda kejuaraan yang akan dihadapi skuat Garuda.

“Kompetisi sangat dibutuhkan Timnas Indonesia. Sebentar lagi Timnas Indonesia akan menghadapi Piala AFF dan kemudian persiapan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 Tahun 2023,” tutur Menpora Amali.

Kendati sudah diizinkan, Menpora Amali bilang pemerintah tentu akan melakukan evaluasi seiring Liga 1 berjalan. Menpora Amali ingin pelaksanaan kompetisi berjalan dengan aman dan lancar, tanpa hambatan apapun. 

“Ini adalah format sekarang yang harus dilakukan. Dalam perjalanannya tentu ada evaluasi. Evaluasi akan dilakukan pemerintah dan Polri. Sekarang jalan dulu, bisa saja kedepan ada hal yang diperbaiki untuk kebaikan bersama,” jelas Menpora Amali.(jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN