Wakili Presiden, Menpora Amali Secara Resmi Buka Kongres IV Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka secara resmi Kongres IV Pimpinan Pusat (PP) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa yang digelar di Padepokan Pencak Silat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (5/12) siang.

Wakili Presiden, Menpora Amali Secara Resmi Buka Kongres IV Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka secara resmi Kongres IV Pimpinan Pusat (PP) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa yang digelar di Padepokan Pencak Silat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (5/12) siang.(foto: putra/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka secara resmi Kongres IV Pimpinan Pusat (PP) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa yang digelar di Padepokan Pencak Silat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Senin (5/12) siang.

“Atas nama Presiden Republik Indonesia bapak Joko Widodo, dengan senantiasa mengharapkan ridho dan rahmat Allah subhanahu wa ta'ala, dengan ucapan Bismillahirrohmanirrahim saya membuka secara resmi Kongres IV Perguruan Pencak Silat Pagar Nusa. Selamat berkongres. Insya Allah hasilnya akan menjadi maslahat buat kita semua,” kata Menpora Amali membuka secara resmi acara ini.

Dalam mengawali sambutannya, Menpora Amali menyampaikan salam hangat Presiden Joko Widodo kepada para peserta Kongres IV Pagar Nusa. Dia mengatakan Presiden Jokowi tidak bisa hadir dan menugaskan kepada Menpora Amali untuk membuka acara ini. Karena pada waktu yang bersmaan Presiden ada kegiatan kenegaraan yang lain dan tidak bisa ditinggalkan.

“Beliau menitipkan pesan kepada kita semua agar seluruh kader Pagar Nusa di seluruh Indonesia tetap menjalankan fungsi dan perannya dan juga tetap mengedepankan sebagai salah satu badan otonom di lingkungan Nahdlatul Ulama,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Menpora Amali mewakili pemerintah menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas peran-peran dan kontribusi nyata yang dilakukan Pagar Nusa.

“Pagar Nusa adalah salah satu perguruan yang menghimpun di dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), maka setiap ada atlet-atlet yang mewakili IPSI, kami meyakini pasti diantaranya adalah ada para pendekar, ada para pesilat, ada atlet yang berasal dari Pagar Nusa,” ucapnya.

Menpora Amali menilai kiprah Pagar Nusa serta kerja samanya dengan pemerintah sangat dirasakan. Namun, kerjasama tersebut harus terhenti dikarenakan adanya pandemi Covid-19 yang mewabah beberapa tahun belakangan ini.

“Insya Allah Gus Nabil (Ketum Pagar Nusa) kita akan bekerja sama lagi. Apa yang sudah bagus maka diteruskan yang sudah bagus ini,” ujarnya.

Disamping itu, Menpora Amali menjelaskan bahwa cabang olahraga merupakan salah satu cabang olahraga unggulan dalam Desain Besar Olaharag Nasional (DBON) yang dipayungi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021. Menurutnya, hanya ada 14 cabang yang sekarang akan masuk di dalam DBON dan diproyeksikan untuk bisa berprestasi di tingkat Olimpiade.

“Memang Pencak Silat belum merupakan cabang olahraga yang dipertandingkan di olimpiade, tetapi dengan upaya kita, kami kerjasama PB IPSI kita sedang mengusahakan bagaimana Pencak Silat minimal masuk dalam sksibisi dulu di Olimpiade. Nah itu bisa terwujud salah satunya karena sumbangsih dan kontribusi dari atlet yang berasal dari perguruan Pagar Nusa,” harapnya.

Selain itu, Menpora Amali berharap Kongres IV Pagar Nusa yang mengagendakan evaluasi perjalanan program selama 5 tahun, rekomendasi dan pemilihan ketua umum dan pengurus yang baru ini dapat berjalan dengan rukun dan damai.

“Walaupun peserta kongres ini adalah para pendekar, pemerintah mengharapkan kongres ini bisa dilaksanakan dengan adem dengan guyub, rukun, enak dan apapun hasilnya harus bisa diterima oleh semua pihak,” harapnya.

Kongres Pimpinan Pusat (PP) Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU) Pagar Nusa ke-IV digelar pada 5-7 Desember 2022 di Padepokan Pencak Silat di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Kegiatan ini mengangkat tema ‘Menjuara ke Angkasa, Mengakar ke Bumi, Menjaga Peradaban’.

Turut hadir dalam Kongres IV Pagar Nusa ini antara lain Ketua Umum Pagar Nusa Ketua Umum PP PSNU Pagar Nusa Muchamad Nabil Haroen, Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si, Ketua PBNU Umarsyah dan utusan Pengurus Wilayah dan Daerah Pagar Nusa se-Indonesia.(ded)

BAGIKAN :
PELAYANAN