Sumbangkan Emas di SEA Games 2021, Atlet Balap Sepeda Downhill Tiara Andini Ucapkan Terima Kasih ke Pemerintah

Atlet balap sepeda MTB-Downhill putri Tiara Andini Prastika baru saja mengharumkan Indonesia setelah meraih medali emas usai finis tercepat pada final run cabang olahraga balap sepeda MTB Downhill putri di SEA Games 2021 Vietnam.

Sumbangkan Emas di SEA Games 2021, Atlet   Balap Sepeda Downhill Tiara Andini Ucapkan Terima Kasih ke Pemerintah Atlet balap sepeda MTB-Downhill putri Tiara Andini Prastika baru saja mengharumkan Indonesia setelah meraih medali emas usai finis tercepat pada final run cabang olahraga balap sepeda MTB Downhill putri di SEA Games 2021 Vietnam.(foto:bagus/kemenpora.go.id)

Tangerang: Atlet balap sepeda MTB-Downhill putri Tiara Andini Prastika baru saja mengharumkan Indonesia setelah meraih medali emas usai finis tercepat pada final run cabang olahraga balap sepeda MTB Downhill putri di SEA Games 2021 Vietnam.

Tiara mampu finis dengan catatan waktu terbaik 3 menit 31,531 detik pada lintasan basah sejauh 2,01 kilometer di Hoa Binh Gymnastics and Sport Center, usai mengalahkan wakil Thailand Vipavee Deekaballes diurutan kedua (3 menit 42,337 detik) dan wakil Filipina Naomi Gardoce diurutan ketiga (3 menit 44,722 detik). 

"Saya ucapkan syukur, terima kepada pemerintah, NOC dan PB ISSI yang sudah support balap sepeda hingga bisa meraih medali emas," ucap Tiara usai tiba di terminal kedatangan internasional, Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, Senin (16/5).

Raihan medali emas di SEA Games 2021 Vietnam ini memang sudah menjadi incaran atlet kelahiran Semarang, 22 Maret 1996 ini. Pada SEA Games 2019 sebelumnya di Filipina Tiara hanya tertahan di medali perak. 

"Di SEA Games Filipina kemarin memang hanya perak meski sebenarnya target emas karena ada cedera jadi ya hanya perak," kisah putri pasangan Maruto Heru Prabowo-Dwi Heri ini.

Ia mengaku terus mematangkan persiapan dan belajar dari kesalahan di Filipina untuk meraih hasil maksimal di SEA Games selanjutnya di Vietnam. "Iya belajar dari situ memperbaiki lagi tekhniknya, fisiknya dan syukurnya TC nya panjang sekitar setahun dan alhamdulillah mendapat hasil terbaik," kata peraih emas Asian Games 2018 lalu ini. 

Bagi Tiara balap sepeda khususnya downhill sudah sangat dicintai hingga menjadi passionnya. Sebelum jatuh cinta ke balap sepeda Tiara sempat mencoba cabang lain seperti bulutangkis dan atletik.

Di bulutangkis ia pernah coba waktu masih kelas 1 SD. Sementara, untuk atletik hingga masuk tim di daerahnya ia tak mendapatkan fill yang ia inginkan. Sampai di usia SMP barulah dikenalkan balap sepeda oleh teman dari sang ayah.

"Dulu ada teman ayah yang ngenalin eh taunya dapat passionnya disitu. Awalnya juga di roadbike dulu waktu Kelas 1 SMP terus ke BMX, kelas 2 SMP balik lagi ke atletik. Baru di SMA ke balap sepeda lagi di downhill tahun 2012," cerita anak ketiga dari lima bersaudara ini. (ben)

PRESTASI:

Medali Perunggu Specialized Asia Pacific Downhill Challenge 2012
Medali Medali Emas Kejurnas PB ISSI 2013
Medali Emas Porprov Jawa Tengah 2013
Medali Perunggu Asia Championship Downhill 2017 dan 2018
Peringkat ke-14 Kejuaraan Dunia 2017
Peringkat ke-16 Union Cycliste International (federasi balap sepeda internasional)
Medali Emas Asian Games 2018 Jakarta-Palembang
Medali Perak SEA Games 2019 Filipina.

BAGIKAN :
PELAYANAN