Peserta PKPBN Nasional Kemenpora Penuh Semangat Ikuti Pendidikan di Pusdiklat Bela Negara Kemhan RI

Sebanyak 97 peserta program Pendidikan Kader Pemuda Bela Negara (PKPBN) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI 2024 mengikuti pendidikan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Bela Negara Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, Rumpin, Bogor, Jawa Barat dari Rabu (15/5) sampai Senin (20/5).

Peserta PKPBN Nasional Kemenpora Penuh Semangat Ikuti Pendidikan di Pusdiklat Bela Negara Kemhan RI Sebanyak 97 peserta program Pendidikan Kader Pemuda Bela Negara (PKPBN) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI 2024 mengikuti pendidikan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Bela Negara Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, Rumpin, Bogor, Jawa Barat dari Rabu (15/5) sampai Senin (20/5).(foto:egan/kemenpora.go.id)

Bogor: Sebanyak 97 peserta program Pendidikan Kader Pemuda Bela Negara (PKPBN) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI 2024 mengikuti pendidikan di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Bela Negara Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, Rumpin, Bogor, Jawa Barat dari Rabu (15/5) sampai Senin (20/5).

Para peserta yang merupakan mahasiswa rentang usia 19-23 tahun dari berbagai daerah di Indonesia ini memperoleh serangkaian materi di lapangan maupun ruangan. Kegiatan lapangan yang diikuti meliputi peraturan baris-berbaris dan keprotokolan, caraka malam, termasuk juga mancakrida atau outbond sebagai wujud keterampilan bela negara, yang dilakukan Minggu (19/5) dari pagi sampai siang.

Pada kegiatan mancakrida, para peserta PKPBN melakoni tantangan di sederet pos di antaranya snepling, lintasan tali, jaring piramida, hingga jaring pendarat. Teriakan “Bela Negara! Bela Negara!” pun diserukan para muda mudi terpilih tersebut yang kompak dengan seragam pakaian dinas lapangan (PDL) bercorak biru loreng. 

Meski digembleng dengan tegas oleh para pelatih TNI dari Pusdiklat Bela Negara Kemhan RI, para peserta tampak bersemangat melaksanakan tantangan yang diberikan. Suasana tegang pun cair tatkala masing-masing peserta dipersilakan mengabadikan momen selepas mengakhiri setiap aktivitasnya. 

Pada Minggu malamnya, para peserta bersama-sama melakukan kegiatan Api Semangat Bela Negara (ASBN) berupa renungan malam bersama-sama mengelilingi api unggun. Dilanjutkan penandatangan Pakta Integritas Komitmen Bela Negara dari semua peserta.

Selain kegiatan di lapangan, sepanjang pendidikan para peserta mendapatkan materi-materi bela negara yang diberikan di dalam ruangan, meliputi nilai-nilai dasar bela negara, konsensus dasar bangsa, perkembangan lingkungan strategis, sistem sistem pertahanan semesta, juga kepemimpinan bela negara. Termasuk materi bahaya narkoba, terorisme, dan radikalisme berikut cara penanggulangannya juga turut disampaikan di Aula Bela Negara.

Kepala Bidang Operasi Diklat Yudi Junaedi dalam pengantarnya mengatakan, rangkaian materi dalam pendidikan kader bela negara ini bertujuan mendidik dan melatih calon peserta lingkup masyarakat yang dipersiapkan sebagai kader bela negara. Guna membentuk sikap dan perilaku yang berkepribadian Pancasila, memiliki semangat nasionalisme dan patriotisme yang tinggi dan berkarakter dalam menumbuhkembangkan sikap dan perilaku serta menanamkan lima nilai dasar bela negara.

Rangkaian kegiatan PKPBN ini sendiri bakal ditutup pada Senin (20/5) pagi. Namun demikian, para peserta masih akan melakukan kegiatan Bakti Pemuda Nusantara di lingkungan masyarakat Lebak, Banten. (luk)

Tag
BAGIKAN :
PELAYANAN