Penyederhanaan Birokrasi, Menpora Dito Lantik Ratusan Pejabat Fungsional di Lingkungan Kemenpora RI

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengambil sumpah dan melantik 243 pejabat fungsional di lingkungan Kemenpora RI, Selasa (19/12) sore. Kegiatan yang bertempat di Auditorium Wisma Kemenpora ini dihadiri para pejabat eselon I, para staf ahli, staf khusus, tenaga ahli, dan para pejabat eselon II Kemenpora RI.

Penyederhanaan Birokrasi, Menpora Dito Lantik Ratusan Pejabat Fungsional di Lingkungan Kemenpora RI Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengambil sumpah dan melantik 243 pejabat fungsional di lingkungan Kemenpora RI, Selasa (19/12) sore. Kegiatan yang bertempat di Auditorium Wisma Kemenpora ini dihadiri para pejabat eselon I, para staf ahli, staf khusus, tenaga ahli, dan para pejabat eselon II Kemenpora RI. (foto:bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo mengambil sumpah dan melantik 243 pejabat fungsional di lingkungan Kemenpora RI, Selasa (19/12) sore. Kegiatan yang bertempat di Auditorium Wisma Kemenpora ini dihadiri para pejabat eselon I, para staf ahli, staf khusus, tenaga ahli, dan para pejabat eselon II Kemenpora RI. 

Selepas menyanyikan lagu Indonesia Raya, Menpora Dito lantas melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah para pejabat fungsional.

“Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa atas taufik dan hidayah-Nya, maka pada hari ini, Selasa tanggal 19 bulan Desember tahun 2023, saya Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, dengan ini secara resmi melantik Saudara-Saudari pada jabatan yang baru di lingkungan Kementerian Pemuda dan Olahraga,” ucap Menpora Dito.

“Saya percaya bahwa Saudara-Saudara akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa bersama kita,” sambung Menpora.

Menpora Dito dalam sambutannya mengaku bersyukur bisa melakukan pelantikan jabatan fungsional. Setelah sebelumnya pelantikan ini sempat tertunda pelaksanaannya.

“Penyederhanaan birokrasi di instansi pemerintah ini sesuai dengan harapan Presiden, tentang penyederhanaan administrasi melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) Nomor 1 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional,” jelas Menpora.

Diuraikan Menpora, para pejabat fungsional yang dilantik ini terbagi dalam pejabat fungsional muda dan pejabat fungsional madya. Jabatan baru tersebut berlaku efektif mulai 1 Januari 2024 mendatang. 

Lebih lanjut diterangkan, terdapat beberapa individu yang jabatan struktural maupun administratifnya berada di luar ruang lingkup jabatan fungsionalnya. Dalam hal ini Menpora meminta agar diberikan penugasan khusus oleh Sekretaris Menpora (Sesmenpora) dan Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) seperti yang diatur dalam Permenpan-RB Nomor 1 Tahun 2023 Pasal 3 ayat 3. 

“Penugasan di luar ruang lingkup tersebut dilakukan dalam rangka memenuhi ekspektasi institusi dalam pencapaian target kerja organisasi Kemenpora,” tutur Menpora Dito.

Kemudian dalam hal pembinaan kepegawaian ke depan, Menpora menugaskan Sesmenpora dan Biro SDMO segera mengirimkan para pegawai ke pendidikan dan pelatihan (diklat) pengembangan kompetensi untuk menjenjangkan jabatan fungsional para pejabat administrator dan pengawas. 

“Tidak lupa juga diklat sertifikasi kompetensi di beberapa posisi yang dibutuhkan. Jangan ditunda-tunda, mulai Januari sampai Desember semua diharapkan sudah mengikuti diklat,” tegas Menpora.

Pelantikan diakhiri pemberian ucapan selamat dan ramah tamah. Adapun selepas pelantikan para pejabat fungsional yang baru dilantik mengikuti sosialisasi terkait jabatan fungsional di lingkungan Kemenpora. (luk)

BAGIKAN :
PELAYANAN