Kemenpora Nilai Olahraga Cara Efektif untuk Mengelola Kesehatan Mental

Staf Khusus Menpora Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional, Alia Noorayu Laksono berbagi saran dalam mengelola kesehatan mental dan pengenalan diri. Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan adalah dengan olahraga atau aktivitas fisik.

Kemenpora Nilai Olahraga Cara Efektif untuk Mengelola Kesehatan Mental Staf Khusus Menpora Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional, Alia Noorayu Laksono berbagi saran dalam mengelola kesehatan mental dan pengenalan diri. Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan adalah dengan olahraga atau aktivitas fisik. (foto:putra/kemenpora.go.id)

Jakarta: Staf Khusus Menpora Bidang Komunikasi dan Hubungan Internasional, Alia Noorayu Laksono berbagi saran dalam mengelola kesehatan mental dan pengenalan diri. Salah satu cara efektif yang bisa dilakukan adalah dengan olahraga atau aktivitas fisik. 

Hal tersebut disampaikan Stafsus Alia saat menjadi narasumber dalam seminar Olah Rasa yang bertemakan: Mengelola Kesehatan Mental dan Pengenalan Diri di Universitas Esa Unggul, Jakarta, Selasa (19/12). 

“Cara efektif mengelola kesehatan mental salah satunya adalah olahraga. Ini aku lakukan sebagai channel agar bisa mengelola dan menjaga dengan baik,” ujarnya. 

Olahraga dinilai sangat bermanfaat untuk memperbaiki gejala depresi, kecemasan, ataupun kesusahan. Aktifitas fisik disebut harus diprioritaskan untuk menjaga kesehatan mental agar tetap lebih baik. 

“Aku rasa ini sangat efektif ya. Mungkin perasaan yang sebelumnya cemas atau stres itu bisa hilang. Sehingga perasaan kembali bahagia dan rileks,” katanya. 

Disamping berolahraga, Stafsus Alia juga memberi opsi lain dalam mengelola kesehatan mental. Misalnya berbagi cerita dengan orang lain, contohnya keluarga, pasangan, atau teman. 

“Salah satu cara lainnya itu bisa bercerita kepada orang lain. Tapi kita harus bisa memilih lawan bicara yang tepat, agar bisa memastikan apa yang kita sampaikan bisa diterima dan didengar dengan baik,” jelasnya. 

Oleh karenanya, Stafsus Alia kembali mengingatkan  agar setiap individu lebih peduli akan kesehatan mental. 

Dengan menjaga kesehatan mental, maka seseorang akan merasakan beberapa efek seperti suasana hati yang membaik, membangun ketahanan, dan membantu menikmati hidup secara keseluruhan. 

“Jadi itu sangat penting. Jaga kesehatan mental dengan baik. Artinya ini tidak boleh diabaikan. Cari lah hal-hal yang sesuai untuk bisa menjaga itu dengan baik, sehingga kita bisa lebih produktif,” pungkasnya. (jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN