Kemenpora Raih Peringkat II Kelompok 2 Anugerah Reksa Bandha 2023 Kategori Sertifikasi BMN dari Kementerian Keuangan

Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) meraih penghargaan Peringkat II Kelompok 2 Kategori Sertifikasi Barang Milik Negara (BMN). Penghargaan disampaikan kepada Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro pada Acara Anugerah Reksa Bandha Tahun 2023 di Aula Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Kemenpora Raih Peringkat II Kelompok 2 Anugerah Reksa Bandha 2023 Kategori Sertifikasi BMN dari Kementerian Keuangan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) meraih penghargaan Peringkat II Kelompok 2 Kategori Sertifikasi Barang Milik Negara (BMN). Penghargaan disampaikan kepada Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro pada Acara Anugerah Reksa Bandha Tahun 2023 di Aula Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan (Kemenkeu).(foto:egan/kemenpora.go.id)

Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI) meraih penghargaan Peringkat II Kelompok 2 Kategori Sertifikasi Barang Milik Negara (BMN). Penghargaan disampaikan kepada Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Sesmenpora) Gunawan Suswantoro pada Acara Anugerah Reksa Bandha Tahun 2023 di Aula Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 

Sesmenpora Gunawan Suswantoro mengatakan, penghargaan Kemenpora yang diraih pertama kalinya ini menunjukkan Kemenpora berada di arah yang benar dalam hal penataan BMN. Pihaknya berharap kedepan prestasi itu dapat lebih ditingkatkan kembali.

"Alhamdulillah Kemenpora sudah mulai melangkah lebih maju, ini penghargaan yang perlu disyukuri, karena Kemenpora penataan BMN nya sudah semakin baik," kata Sesmenpora didampingi Kepala Biro Humas dan Umum Triyono usai mengikuti acara Anugerah Reksa Bandha, Rabu (22/11).

"Menurut informasi yang saya terima penghargaan terkait sertifikasi BMN di Kemenpora dari Kemenkeu ini baru yang pertama kalinya," tambahnya.

Penghargaan itu lanjut Sesmenpora, menjadi semangat dan motivasi untuk dapat lebih meningkatkan kembali penataan terkait barang-barang atau aset milik negara menjadi lebih baik dan akuntabel.

"Karena kita saat ini baru mendapat ranking II, saya memiliki target kedepan harus lebih baik dengan ranking I. Supaya, kita bisa benar-benar dipercaya oleh Kementerian Keuangan dalam hal pengelolaan aset negara. Jadi, kedepan akan kita pertahankan dan kita tingkatkan agar pengelolaan BMN lebih akuntabel," ujar Sesmenpora.

Pengelolaan BMN itu merupakan budaya dan cermin keberadaban yang baik jika mampu mengelola BMN yang bersumber dari APBN.

"APBN yang digunakan untuk aset dan sebagainya itu wajib di dipertanggungjawabkan dengan mengelola dengan baik, membukukan dengan baik serta sertifikasi BMN dengan sebaik-baiknya. Untuk itu saya sangat berterima kasih karena upaya selama kurang lebih satu tahun saya menjabat sebagai Sesmenpora dan alhamdulillah Kemenpora diberikan penghargaan terhadap sertifikasi aset BMN ini," tuturnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam kesempatan pidatonya menyampaikan, terima kasih kepada kementerian/lembaga yang terus menunjukkan kepedulian menjaga aset-aset negara.

"Kami berterima kasih kepada bapak ibu yang hadir dari kementerian/lembaga yang peduli tidak hanya saat meminta atau mendapatkan anggaran untuk belanja negaranya namun saat sudah membelanjakan saat berbentuk belanja modal aset bapak ibu tetap menunjukkan kepedulian untuk menjaganya," tuturnya.

"Kepedulian itu adalah sikap luar biasa yang kami hargai dan saya berterima kasih atas nama Kementerian Keuangan. Kegiatan Reksa Bandha ini adalah upaya kita untuk meningkatkan motivasi dari seluruh stakeholders agar menyadari bahwa aset negara adalah output darikerja keras negara untuk memperolehnya untuk itu harus dijaga dan dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi rakyat," tambah Sri Mulyani. (ben)

Daftar Peraih Penghargaan Anugerah Reksa Bandha 2023:

Kategori pemohon lelang eksekusi dengan capaian pokok lelang, PNBP atas biaya lelang dan produktivitas lelang tertinggi:
1. Juara 1 Bank BRI
2. Juara 2 Bank Mandiri

Kategori pemohon lelang non eksekusi dengan capaian pokok lelang, PNBP atas biaya lelang, dan produktivitas lelang tertinggi:
1. Juara 1 Kemendagri
2. Juara 2 KPU

Kategori tingkat utilisasi BMN terbaik:
1. Juara 1 DPR
2. Juara 2 Kemenkopolhukam
3. Juara 3 LKPP

Kelompok 2 kategori utilisiasi BMN terbaik:
1. Juara 1 Perpusnas
2. Juara 2 Kementerian ESDM
3. Juara 3 BNPP atau Basarnas

Kelompok 3 kategori utilisiasi BMN terbaik:
1. Juara 1 Kementerian Keuangan
2. Juara 2 Kementerian ATR/BPN
3. Juara 3 Kementerian Desa

Kategori kualitas pelaporan BMN terbaik:
1. Juara 1 Kementerian Koordinator Bidang PMK
2. Juara 2 Komisi Yudisial
3. Juara 3 KPPU

Kelompok 2:
1. Juara 1 Kementerian Pariwisata
2. Juara 2 Kementerian PPN/Bappens

Kelompok 3
1. Juara 1 Kementerian Perindustrian
2. Juara 2 Kementerian ATR/BPN
3. Juara 3 KPU

Kategori sertifikasi BMN terbaik:
1. Badan Pengusahaan Kawasan Sabang
2. DPRD

Kelompok 2:
1. Juara 1 Kementerian PPN/Bappenas
2. Juara 2 Kementerian Pemuda dan Olah Raga

Kelompok 3:
1. Juara 1 Kementerian PUPR
2. Juara 2 Polri
3. Juara 3 Kementerian Pendidikan

Kategori peningkatan tata kelola berkelanjutan pengelolaan BMN:
1. Juara 1 BNPT
2. Juara 2 Kementerian Kelautan dan Perikanan
3. Juara 3 DPRD

Kategori perbaikan pengelolaan BMN:
Juara 1 Kementerian Pertahanan

Kategori kementerian yang secara strategis menangani indeks pengelolaan aset evaluasi reformasi birokrasi:
Juara 1 Kementerian PANRB

Kategori pengelolaan BMN sebagai bagian dari Stranas PK:
Juara 1 KPK

BAGIKAN :
PELAYANAN