Ciptakan Wirausaha Muda Baru, Kemenpora Gelar Penumbuhan Minat Berwirausaha Pemuda di Demak

Pemerintah senantiasa mendorong kewirausahaan di kalangan generasi muda. Generasi muda didorong untuk mampu menjadi wirausaha baru yang unggul, inovatif, dan berdaya saing serta turut berperan dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

Ciptakan Wirausaha Muda Baru, Kemenpora Gelar Penumbuhan Minat Berwirausaha Pemuda di Demak Pemerintah senantiasa mendorong kewirausahaan di kalangan generasi muda. Generasi muda didorong untuk mampu menjadi wirausaha baru yang unggul, inovatif, dan berdaya saing serta turut berperan dalam menciptakan lapangan pekerjaan.(foto:istimewa)

Demak: Pemerintah senantiasa mendorong kewirausahaan di kalangan generasi muda. Generasi muda didorong untuk mampu menjadi wirausaha baru yang unggul, inovatif, dan berdaya saing serta turut berperan dalam menciptakan lapangan pekerjaan.

Sehubungan dengan itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga kembali menyelenggarakan Penumbuhan Minat Berwirausaha di Kalangan Pemuda (WiraMuda). Kali ini bertempat di Aula Hotel Amantis Demak, Kamis (14/9) sore.

Penumbuhan minat berwirausaha ini juga merupakan salah satu strategi Kemenpora untuk membangun ekosistem pengembangan Kewirausahaan pemuda.

Analis Kebijakan Ahli Utama Kemenpora Imam Gunawan menyatakan generasi muda yang mandiri memiliki peranan yang strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. 

“Pada kesempatan kali ini kita berada dalam satu sesi yang penting yaitu bagaimana kita menjadi sosok-sosok yang mandiri. Salah satu kemandirian itu adalah pada saat kita mampu melakukan sesuatu dengan upaya mewujudkan Kewirausahaan,” ujarnya.

Menurut Imam, Organisasi Kepemudaan menjadi rumah untuk para pemuda bisa berkembang menjadi pemimpin dan pengusaha.

“Organisasi kepemudaan menjadi rumah yang enak untuk tumbuhnya jiwa-jiwa wirausaha. Organisasi itu adalah sebuah ekosistem, sebuah lingkungan yang memungkinkan kita berkembang didalamnya,” tutur Imam. 

“Maka pada saat tematik kewirausahaan masuk kedalam organisasi kepemudaan, harapannya adalah organisasi kepemudaan merubah mindset, merubah paradigma sehingga organisasi kepemudaan bukan sekedar menghasilkan leader-leader tapi juga menghasilkan entrepreneur," ujarnya. 

Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan Subkhi yang hadir menyampaikan rasa senangnya bisa hadir dan memotivasi pemuda yang merupakan pemimpin dimasa depan.

“Saya merasa bergembira bisa berada didepan tokoh-tokoh bangsa, para pemuda yang kita harus beri motivasi dan pencerahan. Karena mengutip kutipan Bung Karno Berikan saya 10 pemuda untuk merubah dunia,” ujar Fathan.

Fathan menjelaskan bonus demografi pemuda saat ini harus dimanfaatkan untuk menjadikan Indonesia menjadi Negara maju. “Saya kira bonus demografi kita juga memberikan satu catatan kelompok pemuda yang bisa mengendalikan, yang bisa memimpin kemajuan-kemajuan bangsa ini sehingga target kita menjadi Negara maju tahun 2045 bisa tercapai," tegas Fathan.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Demak, Zainul Fattah dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kemenpora yang telah mempercayakan kegiatan penumbuhan minat Kewirausahaan ini diadakan di Kab Demak semoga semangat ini menjadi kekuatan dalam menciptakan wirausaha baru di Kabupaten Demak.

Kegiatan workshop yang menghadirkan pemateri yang ahli dan mempunyai pengalaman di bidang Kewirausahaan ini dilaksanakan secara offline dan diikuti oleh sekitar 150 peserta. 

Diantara narasumber yang hadir yaitu H. Zayinul Fata, Wakil Ketua DPRD Demak, Mujoko dari Pegadaian, Muadom owner mustika digital printing, M. Agil Nuruzzaman Ketua PP IPNU dan Sofiyyul Arif. Turut hadir dalam kesempatan tersebut pj Akses Permodalan Hasan Nawawi dan Katim Umriansyah (rob)

Tag
BAGIKAN :
PELAYANAN