Terima ILUNI UI, Menpora Dito Ingin Ada Kolaborasi untuk Tingkatkan Kepemudaan

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, menerima Audiensi Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Ketum ILUNI UI) Didit Ratam dan pengurus lainnya di ruang kerjanya lantai 10 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (12/4) sore. Menpora Dito harap ada kerjasama dan action nyata untuk tingkatkan kepemudaan.

Terima ILUNI UI, Menpora Dito Ingin Ada Kolaborasi untuk Tingkatkan Kepemudaan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, menerima Audiensi Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Ketum ILUNI UI) Didit Ratam dan pengurus lainnya di ruang kerjanya lantai 10 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (12/4) sore. Menpora Dito harap ada kerjasama dan action nyata untuk tingkatkan kepemudaan. (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo, menerima Audiensi Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Ketum ILUNI UI) Didit Ratam dan pengurus lainnya di ruang kerjanya lantai 10 Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (12/4) sore. Menpora Dito harap ada kerjasama dan action nyata untuk tingkatkan kepemudaan. 

Selain Ketum ILUNI UI turut hadir Ketua Alumni & Community Center ILUNI UI Pitut Pramuji, Ketua ILUNI FTUI Nanang Sugianto, Wakil Ketua ILUNI FTUI Risa, Alumni UI yang akan melakukan ekspedisi ke north pole (jelajah putri) Putri Handayani, Tim Jelajah Putri Anggita, Women Empowerment Center ILUNI UI R. R. Zafira Ningrum. 

Menpora Dito yang didampingi Sesmenpora Gunawan Suswantoro, Deputi Pemberdayaan Pemuda Faisal Abdullah dan Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta menyampaikan, agar adanya kerjasama dan kolaborasi antara Kemenpora dengan ILUNI UI untuk mendorong perkembangan kaum muda khususnya dibidang enterpreneurship.

"Saat ini disisi pemuda, orang melihat Kemenpora itu identiknya ke olahraga. Sementara, arahan Bapak Presiden, Kemenpora harus menjadi Kementeriannya dari Gen Z, anak-anak muda. Tidak hanya komunitas anak muda yang di OKP tapi juga komunitas anak muda yang kreatif, entrepreneurship dan profesinya juga harus didukung dan diberikan akses," kata Menpora Dito.

"Intinya untuk kolaborasi yang harus kita lakukan secepatnya antara Kemenpora dan ILUNI UI segera diadakan. Pokoknya fokus pemuda juga harus didorong. Prinsipnya kita membuka peluang untuk kolaborasi," ujar Menpora Dito yang juga alumni UI ini.

Selain pesan untuk kepemudaan, Menpora Dito juga berharap agar arahan khusus dari Presiden Joko Widodo terkait pembentukan Prodi Sport Menejemen dari Fakultas Ekonomi UI dapat segera ditindaklanjuti dan didorong.

"Ada pesan Presiden waktu Asian Games lalu, beliau mendorong agar Fakultas Ekonomi UI mengadakan Prodi Sport Manejemen tapi belum ditindaklanjuti hingga saat ini tolong dibantu didorong. Hal itu penting untuk SDM keolahragaan untuk meningkatkan sport industri," urai Menpora Dito. 

"Saya harap usai pertemuan ini ada action plant yang konkret untuk kolaborasi ini demi perkembangan kepemudaan dan keolahragaan Indonesia yang lebih baik," pesan tegas Menpora Dito.

Sebelumnya, Ketum ILUNI UI Didit Ratam menyampaikan, komposisi kepengurusan dari ILUNI UI saat ini mayoritas adalah generasi muda dan membuka peluang dikerjasamakan dengan program Kemenpora.

"Alumni UI saat ini sekitar 500-700 ribuan dan paling banyak alumni kita adalah kaum muda. Ini juga tercermin dalam kompoisi kepengurusan. Hari ini kita menyampaikan beberapa program sekaligus ingin mengeksplore apa yang bisa anak muda ini bisa dikerjasamakan dengan program Kemenpora," katanya.

"Pokoknya komitmen kita ILUNI UI full backup untuk mas Menteri. Apa yang bisa kita sinergikan kita gaspol mendukung program mas Menteri dan Kemenpora," tambah Nanang Sugianto. (ben)     

Tag
BAGIKAN :
PELAYANAN