Sambut HUT DWP dan Peringatan Hari Ibu Tahun 2022, DWP Kemenpora RI Gelar Donor Darah dan Pap Smear

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23 Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022, Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (DWP Kemenpora RI) menyelenggarakan kegiatan Donor Darah dan Pemeriksaan Pap Smear. Dua kegiatan ini dipusatkan di Auditorium Wisma Menpora, Senayan, Jakarta.

Sambut HUT DWP dan Peringatan Hari Ibu Tahun 2022, DWP Kemenpora RI Gelar Donor Darah dan Pap Smear Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23 Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022, Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (DWP Kemenpora RI) menyelenggarakan kegiatan Donor Darah dan Pemeriksaan Pap Smear. Dua kegiatan ini dipusatkan di Auditorium Wisma Menpora, Senayan, Jakarta.(foto:putra/kemenpora.go.id)

Jakarta: Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-23 Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Peringatan Hari Ibu ke-94 Tahun 2022, Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (DWP Kemenpora RI) menyelenggarakan kegiatan Donor Darah dan Pemeriksaan Pap Smear. Dua kegiatan ini dipusatkan di Auditorium Wisma Menpora, Senayan, Jakarta.

"Agenda donor darah dan pap smear ini dalam rangka menyambut HUT DWP dan Hari Ibu tahun 2022. Tema besar yang diangkat yaitu Perempuan Berdaya dan Sehat, Indonesia Bangkit," kata Penasihat DWP Kemenpora RI Nadiah Zainudin Amali di Auditorium Wisma Menpora, Jakarta, Selasa (6/12).

Kegiatan rutin dari DWP Kemenpora ini terselenggara atas kerjasama DWP Kemenpora, Rumah Sakit Dharmais Jakarta, PMI DKI Jakarta, dan PPITKON Kemenpora serta diikuti para pejabat dan staf PNS dan non-PNS di lingkungan Kemenpora dengan kuota terbatas.

"Kegiatan seperti ini adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan DWP Kemenpora setahun tiga kali per empat bulan. Yakni di Hari Kartini Bulan April, HUT RI Bulan Agustus serta Hari Ibu di Bulan Desember," urai Penasihat DWP Kemenpora Nadiah Amali. 

Menurut Nadiah Amali, donor darah sarat akan manfaat untuk masyarakat luas sekaligus pendonornya juga akan semakin sehat.

"Saya berharap para pejabat, karyawan PNS dan non-PNS di lingkungan Kemenpora dapat menyumbangkan darahnya dan pap smear untuk karyawati dan pengurus DWP Kemenpora sehingga semua sehat dan terhindar dari kanker serviks," paparnya.

Penasihat DWP Kemenpora ini berharap kegiatan seperti ini akan dapat terus terlaksana karena sangat bermanfaat. Ia juga sampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta dan pndukung acara sehingga terlaksana dengan baik dan lancar.

"Semoga kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana ya, terima kasih kepada semua pihak terkait yang mendukung pelaksanaan kegiataan ini, Kemenpora, PMI, RS Dharmais, PPITKON dan para peserta yang sangat antusias mengikuti acara," pungkas Nadiah.

Salah satu peserta Setyana Jafar, sampaikan terima kasih kepada DWP Kemenpora. Menurutnya, kegiatan donor darah dan pap smear ini sangat membantu, sekaligus memberikan manfaat yang besar.

"Alhamdulillah dengan adanya acara donor darah dikantor jadi termotivasi untuk donor darah. Terima kasih. Manfaatnya banyak selain membantu masyarakat di luar sana dengan donor darah, badan kita juga sehat, segar dan bugar," tuturnya.

"Semoga kegiatan yang bermanfaat ini dapat terus terlaksana dan DWP Kemenpora sukses terus dengan acara-acaranya, bagus banget dan berguna," tambahnya.

Seperti diketahui, penyumbang darah atau pendonor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah sebagai stok darah untuk kemudian digunakan untuk transfusi darah.

Pap smear merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk deteksi dini kanker serviks atau kanker leher rahim. Karena itu, perempuan menjadi objek utama. Meski demikian, hanya ada beberapa kategori perempuan yang disarankan menjalani pap smear dalam kaitan dengan risiko kanker serviks. (ben)

BAGIKAN :
PELAYANAN