Apresiasi Menpora Amali, Mensesneg Harap Kebijakan Olahraga Didukung Kebijakan dan Ilmu di Bidang Lain, Seperti Manajemen dan Kesehatan Olahraga

Menteri Sekretraris Negara (Mensesneg) Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc turut mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sebagai Profesor Kehormatan dalam bidang ilmu Kebijakan Olahraga pada Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Apresiasi Menpora Amali, Mensesneg Harap Kebijakan Olahraga Didukung Kebijakan dan Ilmu di Bidang Lain, Seperti Manajemen dan Kesehatan Olahraga Menteri Sekretraris Negara (Mensesneg) Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc turut mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sebagai Profesor Kehormatan dalam bidang ilmu Kebijakan Olahraga pada Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang (UNNES).(foto:istimewa)

Jakarta: Menteri Sekretraris Negara (Mensesneg) Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc turut mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sebagai Profesor Kehormatan dalam bidang ilmu Kebijakan Olahraga pada Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang (UNNES).

“Saya ucapkan selamat dan ikut berbangga kepada Bapak Zainudin Amali yang dikukuhkan sebagai Profesor Kehormatan di bidang Ilmu Kebijakan Olahraga oleh Universitas Negeri Semarang,” kata Pratikno di Jakarta, Minggu (21/8).

Pratikno mengatakan kontribusi Menpora Amali di bidang keolahragaan tidak disangsikan. Bukan hanya olahraga sebagai prestasi tapi juga olahraga sebagai industri. 
“Oleh karena itu, tentu harus didukung oleh kebijakan yang lebih berkualitas dan juga didukung oleh ilmu-ilmu yang lain. Misalnya itu terkait dengan manajemen olahraga, terkait dengan kesehatan olahraga, dan seterusnya,” ucapnya.

“Jadi sekali lagi gelar Guru Besar di bidang Ilmu Kebijakan Keolahragaan ini, harapannya akan semakin menumbuhkan. Bukan hanya prestasi nasional di bidang olahraga tetapi juga tumbuhnya ekonomi yang berbasis pada olahraga. Jadi Sekali lagi selamat kepada Prof. Dr. Zainudin Amali dan juga kepada keluarga Universitas Negeri Semarang,” tutupnya.

Sebelumnya, Universitas Negeri Semarang (Unnes) menganugerahkan gelar Profesor Kehormatan kepada Prof Dr H Zainudin Amali SE., M. Si. Anugerah diserahkan oleh Rektor Unnes Prof Dr. Fathur Rokhman, Mhum. 

Menpora Amali memperoleh anugerah Profesor Kehormatan di bidang Ilmu Kebijakan Olahraga (Sport Policy) pada Fakultas Ilmu Keolahragaan Unnes. Penganugerahan dilakukan di gedung Prof Wuryanto (Auditorium) kampus Unnes, Sabtu (20/8).

Pada acara penganugerahan, Menpora Amali menyampaikan orasi ilmiah berjudul Kebijakan Olahraga Nasional Menuju Indonesia Emas Tahun 2045 (Penerapan Metode TARSIL dalam Kebijakan Pembangunan Olahraga Nasional).

Menpora Amali mengatakan masih rendahnya kesadaran masyarakat dalam melakukan olahraga secara rutin dan teratur, menyebabkan masih tingginya angka kematian masyarakat yang disebabkan oleh penyakit tidak menular dan obesitas. Selain itu, di ruang lingkup olahraga pendidikan, di mana objeknya adalah anak-anak hingga dewasa muda yang merupakan usia emas, belum berkontribusi optimal dalam mensupport implementasi sistem pembinaan olahraga prestasi dan upaya meningkatkan kebugaran masyarakat. 

Menurutnya permasalahan ini sangat terkait dengan kurang gerak dan rendahnya partisipasi masyarakat dalam berolahraga secara rutin dan teratur. Ia menuturkan berbagai kelemahan dan permasalahan dalam sistem olahraga ini menjadi faktor penyebab olahraga di Indonesia mengalami stagnasi dalam beberapa dekade terakhir. 

Oleh sebab itu, Menpora Amali mendorong pembangunan olahraga agar menjadi bagian penting dari sistem pembangunan nasional. 

“Olahraga bisa menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi melalui pengembangan wisata olahraga dan industri olahraga dalam bentuk barang maupun jasa,” jelasnya.(ded)

BAGIKAN :
PELAYANAN