Menpora Amali Harap Masyarakat Beri Dukungan kepada Timnas U-16 di Semifinal Piala AFF U-16 2022

Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 akan melakukan pertandingan dengan Timnas Myanmar U-16 di semifinal Piala AFF U-16 2022. Laga ini akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu, (10/8) pukul 20.00 WIB.

Menpora Amali Harap Masyarakat Beri Dukungan kepada Timnas U-16 di Semifinal Piala AFF U-16 2022 Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 akan melakukan pertandingan dengan Timnas Myanmar U-16 di semifinal Piala AFF U-16 2022. Laga ini akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu, (10/8) pukul 20.00 WIB.(foto:putra/kemenpora.go.id)

Jakarta: Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 akan melakukan pertandingan dengan Timnas Myanmar U-16 di semifinal Piala AFF U-16 2022. Laga ini akan berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu, (10/8) pukul 20.00 WIB.

Terkait hal tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali meminta kepada masyarakat agar tidak berekspektasi terlalu berlebihan terhadap skuad Timnas U-16. Menpora mengingatkan bahwa para pemain tersebut usianya masih muda dan harusnya membiarkan mereka bermain dengan level usianya.

“Timnas U-16 dari awal saya sampaikan jangan kita mengharapkan mereka bermain seperti tim senior, buatlah mereka main seperti usianya, sehingga ekspektasi kita tidak berlebihan,” ujar Menpora Amali di Wisma Kemenpora, Rabu (10/8).

Menurut Menpora Amali, skuad Garuda lolos ke babak semifinal ini saja sudah luar biasa.  Bahkan terakhir sebelum ke semifinal kebobolan gol duluan saat melawan Vietnam. Namun, Timnas U-16 Indonesia berhasil membalikan keadaan. “Perjuangan mereka luar biasa dan alhamdulillah bisa lolos dan mengalahkan Vietnam,” ujarnya.

Menpora Amali mengatakan, harapan publik terhadap para pemain merupakan hal yang wajar, namun demikian, jangan sampai hal itu menjadi beban. Sebab usia mereka masih muda dan diharapkan akan mengisi tim senior.

“Jadi saya berharap mereka bisa berprestasi lagi, semifinal lolos ke final, dan jadi juara, tetapi itu tidak boleh menjadi beban mereka, sebab ini anak-anak U-16, berbeda dengan senior. Saya mohon kepada masyarakat, beri dukungan kepada mereka, tetapi jangan dipaksa mereka sama seperti kita ingin melihat tim senior," harap Menpora Amali.

Menpora Amali menilai skuad Timnas U-16 ini punya harapan kedepannya untuk mengisi timnas usia diatasnya atau bahkan senior karena permainannya sudah menunjukan permainan yang bagus walaupun dengan standar usianya. 

“Kita punya harapan, karena mulai mau menunjukan main yang bagus, standarnya U-16. Jangan kita pakai standar timnas senior. Begitu kita pakai standar senior harapan kita terlalu berat buat mereka. Mereka main saja, apapun hasilnya kita harus terima itu. Sebab ini harapan kita untuk mengisi tim senior,” ujarnya.(ded)

BAGIKAN :
PELAYANAN