Temui Menpora Amali, Gubernur Riau Dukung Paradigma Baru Olahraga Melalui DBON

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengatakan Gubernur Riau mendukung paradigma baru olahraga dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan siap mendukung implementasinya di wilayah yang dipimpinnya.

Temui Menpora Amali, Gubernur Riau Dukung Paradigma Baru Olahraga Melalui DBON Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengatakan Gubernur Riau mendukung paradigma baru olahraga dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan siap mendukung implementasinya di wilayah yang dipimpinnya. (foto:bagus/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali mengatakan Gubernur Riau mendukung paradigma baru olahraga dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan siap mendukung implementasinya di wilayah yang dipimpinnya. 

Hal ini terungkap dalam pertemuan Menpora Amali dengan Gubernur Riau Drs. H Syamsuar, M.Si dan jajarannya di lantai 10, gedung Graha Pemuda, Senayan Jakarta Pusat, Rabu (11/5) siang. Hadir dalam pertemuan ini, Kadispora Provinsi Riau Bobby Rachmat S.STP, M.Si dan Karo Adpim Prov. Riau Aryadi S.Sos. 

"Beliau menyanpaikan bagaimana pemerintah Provinsi Riau menyambut paradigma baru olahraga kita yakni Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) dan mencocokkan dengan cabang-cabang olahraga yang sudah direkomendasikan untuk kita persiapkan untuk pembinaan prestasi olahraga nasional," ujar Menpora Amali. 

Menpora Amali menjelaskan, kedatangan Gubernur Riau dan jajaran sejatinya untuk mengajukan diri agar Riau menjadi tuan rumah peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-39 yang akan digelar 9 September 2022 mendatang. 

Menurut Menpora Amali, sudah ada beberapa provinsi yang mengusulkan untuk menjadi tuan rumah Haornas tersebut. Dengan demikian pihaknya akan mempertimbangkan dan akan melihat mana yang paling memungkinkan. 

"Tapi saya tentu mengapresiasi dari apa yang sudah disampaikan pak gubernur ada keinginan untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan Haornas," ujarnya. 

Dalam kesempatan ini, Gubernur Riau Drs. H Syamsuar, M.Si menyampaikan apresiasi dan terimakasih karena Menpora telah meluangkan waktu menerima rombongan dari provinsi Riau. 

Dalam kesempatan ini, Syamsuar mengatakan pihaknya siap menjadi tuan rumah Haornas ke-39 dan berharap disupport dan disetujui Presiden Joko Widodo. 

Selain itu, Syamsuar mendukung lahirnya DBON sebagai pedoman pembinaan atlet. Dia pun berharap agar cabang olahraga Dayung masuk di dalam DBON. Pasalnya, banyak atlet Riau berprestasi di tingkat internasional dari cabor Dayung. 

"Atlet Dayung kita dari Riau sudah menjadi atlet nasional yang selalu pada event pertandingan di internasional mereka mendpatakan medali emas. Karena itu kami dari Provinsi Riau mengusulkan kiranya olahraga dayung ini termasuk DBON," harapnya. 

Dia juga menyampaikan bahwa Menpora Amali memberikan sejumlah pesan agar Riau fokus melakukan pembinaan pada cabang-cabang olahraga yang memiliki banyak nomor pertandingan. 

"Dayung itu termasuk, disamping tadi saya sampaikan Anggar, kemudian Renang, Atletik dan Senam. Ini banyak cabor arahan Pak Menpora  kiranya harus menjadi perhatian daerah. Sehingga nanti kami akan kordinasi dengan pengurus cabor sekaligus KONI," katanya.(ded)

BAGIKAN :
PELAYANAN