Satu Grup dengan Tuan Rumah, PBVSI Target Pertahankan Tradisi Medali di SEA Games 2021 Vietnam

Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) Gugi Gustaman menilai target timnas voli putra dan putri Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam Mei mendatang dapat dibilang tidak mudah, karena harus mempertahankan prestasi medali emas. Meski demikian legenda bola voli era 70-80 an ini optimis timnas voli Indonesia mampu.

Satu Grup dengan Tuan Rumah, PBVSI Target Pertahankan Tradisi Medali di SEA Games 2021 Vietnam Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) Gugi Gustaman menilai target timnas voli putra dan putri Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam Mei mendatang dapat dibilang tidak mudah, karena harus mempertahankan prestasi medali emas. Meski demikian legenda bola voli era 70-80 an ini optimis timnas voli Indonesia mampu.(foto: raiky/kemenpora.go.id)

Sentul: Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) Gugi Gustaman menilai target timnas voli putra dan putri Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam Mei mendatang dapat dibilang tidak mudah, karena harus mempertahankan prestasi medali emas. Meski demikian legenda bola voli era 70-80 an ini optimis timnas voli Indonesia mampu.

"Beban kita di SEA Games nanti lumayan berat. Karena mempertahankan sebuah prestasi di kejuaraan apalagi di negara lain memang berat," kata Gugi Gustaman usai mendampingi Menpora Amali meninjau Pelatnas Voli di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/4).

Meski tak gampang karena satu grup dengan tuan rumah, ia merasa yakin anak asuh dari pelatih China Jeff Jiang Jie (tim Putra) dan Risco Herlambang (tim putri) mampu mempertahankan medali. "Tapi, saya optimis dan mau tidak mau ya harus dipertahankan, karena di SEA Games bola voli ini sudah diambil oleh Indonesia," imbuhnya. 

Gugi yang terkenal dengan pukulan cepat atau quick smash ini menilai kejuaraan voli pro Liga merupakan bagian dari program PBVSI. Pro Liga dianggap cukup untuk mengasah dan mematangkan para atlet. 

"Pro Liga ini bagian dari program, tidak terpisah sehingga pematangannya cukup sehingga begitu masuk ke pelatnas tinggal pengenalan diri dan peningkatan fisik. Dari Pro Liga ke timnas ini kan masa transisi nah dari masa transisi ini yang harus dimainkan," ujar pelatih Alko Bandung ini. 

Timnas voli yang akan turun di SEA Games Vietnam ini menurutnya akan mampu menujukkan penampil maksimalnya terlebih Indonesia saat ini memiliki track record yang bagus di kancah Asia Tenggara.

"Di SEA Games ini pengumpulan medali emasnya Indonesia masih paling tinggi baru disusul Thailand. Mudah-mudahan anak-anak bisa meraih yang terbaik, tinggal doanya dari kita semua, kita berangkat dengan iringan doa mudah-mudahan harapan kita bisa tercapai," harapnya.(ben)

Hasil Drawing Bola Voli SEA Games 2021 Vietnam: 

Putra
Grup A:
Indonesia
Vietnam
Myanmar
Malaysia

Grup B:
Thailand
Filipina
Kamboja

Putri:
Indonesia
Thailand
Malaysia
Filipina
Vietnam

BAGIKAN :
PELAYANAN