PB PJSI Resmi Dilantik, Ini Harapan Menpora Amali

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memiliki harapan agar cabang olahraga judo bisa tampil dalam ajang Olimpiade. Harapan ini disampaikan saat Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) dilantik dan dikukuhkan.

PB PJSI Resmi Dilantik, Ini Harapan Menpora Amali Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memiliki harapan agar cabang olahraga judo bisa tampil dalam ajang Olimpiade. Harapan ini disampaikan saat Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) dilantik dan dikukuhkan. (foto:putra/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali memiliki harapan agar cabang olahraga judo bisa tampil dalam ajang Olimpiade. Harapan ini disampaikan saat Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) dilantik dan dikukuhkan. 

“Selamat kepada kepengurusan PB PJSI yang baru saja dilantik. Tentu harapan kita bersama ada peningkatan prestasi olahraga judo. Kerinduan masyarakat bagaimana judo bisa masuk ke ajang Olimpiade,” kata Menpora Amali dalam sambutannya secara virtual dalam acara pelantikan PB PJSI, Selasa (30/11). 

Menpora Amali ingin Ketua Umum PB PJSI yang baru saja dilantik yakni Maruli Simanjuntak dapat bekerja dengan baik agar judo semakin berprestasi ke tingkat dunia. Kemudian, judo juga diharap kedepannya bisa masuk dalam cabang olahraga unggulan dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). 

“Presiden telah menerbitkan Perpres Nomor 86 Tahun 2021 tentang DBON. Dengan demikian maka olahraga kita dari hulu sampai hilir punya panduannya yaitu DBON. Sebagaimana sebuah desain, tentu ada target didalamnya yakni Olimpiade dan Paralimpiade,” ujar Menpora Amali. 

Lebih lanjut, Menpora Amali menerangkan dalam DBON ini terdapat 14 cabang olahraga unggulan. Cabang olahraga yang masuk dalam daftar itu didasari atas diskusi Menpora Amali bersama stakeholder hingga praktisi olahraga. Dalam hal ini, judo belum termasuk didalamnya. 

“Maka diputuskan diawal kita konsentrasi pada cabang olahraga yang mengandalkan teknik dan akurasi. Namun demikian, bagi cabor yang belum masuk tahap awal akan ada kesempatan berikutnya,” terang Menpora Amali.

“Kita akan lihat statistik seperti apa. Kita proyeksikan cabor yang masuk dalam Olimpiade. Bagi judo, tetap ada kesempatan. Dalam DBON ada promosi dan degradasi. Cabor yang tidak menunjukkan prestasi akan diganti dengan cabor lain,” sambungnya. 

Menpora Amali menilai judo memiliki peluang besar masuk dalam 14 cabang olahraga unggulan DBON. Sebab, judo dipertandingan dalam ajang Olimpiade. 

“Peluang judo besar. Nah bagaimana judo Indonesia menunjukkan prestasi untuk bisa lolos kualifikasi ke Olimpiade. Kepengurusan baru ini, saya juga minta untuk membenahi tata kelola organisasi menuju yang lebih baik, termasuk prestasi,” kata Menpora Amali. 

“Dengan semangat baru ini, saya mohon judo bisa berprestasi dan melakukan pembinaan yang baik. Selamat bekerja, semoga sukses. Kemenpora terbuka untuk kita sama-sama diskusi membahas peningkatan prestasi,” tambah Menpora Amali.  

Sementara itu, Ketua Umum PB PJSI menyambut baik arahan dari Menpora Amali. Dia optimis judo Indonesia bisa menciptakan prestasi pada level dunia. 

“Terima kasih Bapak Menpora. Semoga ami bisa menjadi salah satu cabor yang membanggakan. Lalu kami juga berharap judo menjadi cabor yang terdukung oleh DBON,” pungkas Maruli.(jef)

BAGIKAN :
PELAYANAN