Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Siaran Pers No. 7/Kom-Publik/Kemenpora/2/2017: Rakor Lintas Lembaga Guna Persiapan Asian Games 2018

Selasa, 14 Februari 2017

(Jakarta, 14 Pebruari 2017). Baru saja berlangsung Rakor Asian Games  2018 di kantor Menko PMK, yang dipimpin oleh Plt Deputi 5 Menko PMK:

1. Rapat dihadiri oleh Deputi 4 Kemenpora, Deputi Kepala BPKP bidang Polhukam, INASGOC, KONI, Pemda DKI, Sumsel, Jabar, dan sejumlah Kementerian dan Lembaga Non Kementerian serta TNI dan Polri.
2. Pemda DKI prinsip siap jika harus membantu renovasi sejumlah venue di DKI sejauh ada revisi Inpres Asian Games sehingga bisa ada dasar hukum. Untuk itu pada tanggal  22 Pebruari 2017 DKI akan mengundang Kementerian PMK, Kemenpora, INASGOC untuk rapat bersama. Nanti seluruh SKPD Pemda DKI akan hadir dalam kesempatan tersebut sehingga jelas kebutuhan yang akan saling disinergiskan. Hanya saja diperkirakan pada tanggal tersebut akan ada Sidang Kabinet Terbatas yang khusus membahas tingkat kemajuan persiapan Asian Games. Selain itu dilaporkan juga tentang kemungkinan pengalihan jalur khusus lalu lintas khususnya dari wisma atlet Kemayoran hingga kawasan GBK serta beberapa venue lain tertentu.
3. INASGOC dalam paparannya sudah menjelaskan tentang up date kemajuan persiapan penyelenggaraan Asian Games. Sejauh ini persiapan dari seluruh kegiatan sudah terus dilakukan, mengingat tahun ini akan ada Test Event pada bulan November 2017 dan bahkan sebelumnya akan ada count down pada tanggal 18 Agustus 2017. Persoalan: masih terbatasnya anggaran INASGOC. Hingga awal 2017 baru tersedia Rp 500 milyar dan sebelumnya 2016 hanya Rp 52 milyar. Sementara kebutuhan total sebanyak Rp 8 trilyun.
4. Kementerian PU PERA dan Satgas Infrastruktur Asian Games juga menyampaikan paparan ttg renovasi GBK, pembangunan wisma atlet Kemayoran, renovasi Jakabaring dan pembangunan wisma atlet Jakabaring. Sejauh ini seluruh pembangunan tersebut terus ongoing.
5. Pemda Sumsel juga melaporkan tentang kesiapan 11 cabang olahraga untuk Asian Games. Pemda Sumsel beruntung karena ada beberapa kalangan usaha yang akan membantu secara optimal untuk metingankan beban APBD yaitu kontribusi yg signifikan dari Pertamina, Bukit Asam, Pupuk Sriwijaya dan Sinar Mas. Pemda Sumsel juga melaporkan bahwa LRT akan selesai pada bulan Mei 2018. Demikian pula dengan perluasan Bandara di Palembamg.
6. Pemda Jabar pada prinsipnya siap dengan Asian Games, hanya saja Pemda Jabar membutuhkan kepastian dari INASGOC tentang berapa banyak cabang olahraga yang akan dipertandingkan di Jabar. Kemenpora dan INASGOC akan segera mengirimkan surat yang dimaksud kepada Pemda Jabar. Surat tersebut dibutukan untuk dasar penyusunan perencanaan dan penganggaran.
7. PP GBK menyampaikan kesiapan kawasan GBK sebagaimana yang sudah dilaporkan oleh Kementerian PU PERA dan Satgas Infrastruktur Asian Games. PP GBK sudah mengantisipasi pemanfaatan kawasan GBK pasca Asian Games supaya tidak terbengkalai seperti yang ada di venue Olimpiade Rio de Janeiro maupun sejumlah venue pasca PON kecuali PON Jabar. Dalam skenarionya, kawasan GBK akan menjadi area terbuka yang human friendly, art and business activities dan multi function. Seluruh fasilitas ini akan mulai direalisasikan pada awal 2018 usai renovasi total kawasan GBK. Selain itu, seluruh penggunaanya akan melalui on-line.
8. Kementerian Perhubungan menyampaikan kesiapan fasilitas perhubungan termasuk angkutan udara dan darat. 
9. PP Kemayoran melaporkan tentang terus berlangsungnya pembangunan wisma atlet Kemayoran. Hanya saja, PP Kemayoran menanyakan kepada INASGOC tentang kemungkinan pemanfaatan lantai 1, 2 dan 3 dari wisma atlet, karena merupakan public area yang bisa digunakan untuk layanan umum seperti ATM, mini market dan lain-lain. PP Kemayoran juga minta kepastian INASGOC tentang penggunaan lahan seluas 3 Ha untuk kemungkinan parkir, pick up services dan lain-lain.
10. BPKP selain mengingatkan perlunya INASGOC untuk lebih berhati-hati dan rinci dalam perencanan dan penggunaan anggaran sehingga BPKP sangat welcome untuk melakukan pendampingan dalam rencana  penggunaan anggaran serta untuk memastikan penggunaan sumber keuangan dari sponsorship secara tepat. Selain itu, juga diingatkan tentang masalah lalu lintas yang diperkirakan akan sangat crowded. 

------------

Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga merangkap sebagai Kepala Komunikasi Publik Kemenpora (Gatot S Dewa Broto, HP: 0811899504, Email: gsdewabroto@gmail.com, Twitter: @gsdewabroto). 

 

Pebruari 2017
Min
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28