Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Sesmen Kemenpora: Administrasi Jangan Diabaikan


Bandung: Kementerian Pemuda dan Olahraga  mengadakan Rapat Koordinasi Lintas Tata Usaha tentang Sosialisasi Tata Naskah Dinas di Hotel Takashimaya, Lembang, Bandung. Rakor berlangsung dari tanggal 9 s/d 11 April 2010, diikuti 57 orang yang terdiri dari kepala bagian, kepala sub bagian tata usaha dan staf di lingkungan Kemenpora.

Sekretaris Kemenpora, Wafid Muharram saat membuka rakor mengatakan,  saat ini masalah administrasi masih sering diabaikan dan dianggap tidak penting. Padahal administrasi merupakan hal yang penting dan dapat berakibat sangat fatal bila diabaikan. "Jika salah administrasi, walaupun kegiatan dilaksanakan dengan sukses, tapi tidak didukung oleh administrasi yang benar maka semuanya bisa jadi salah," kata Wafid, yang berpesan agar semua peserta memahami dan memenuhi ketentuan-ketentuan administrasi.

Menurutnya, administrasi adalah tanggung jawab semua, bukan hanya tugas bagian tata usaha. Ia mencontohkan dengan masih adanya surat-surat dengan content yang asal jadi, surat dari luar Kemenpora yang diabaikan dan disposisi yang hilang, yang sampai saat ini masih terjadi. Administrasi tidak bisa dilimpahkan kepada pejabat-pejabat TU semata, semuanya harus memahami dan memenuhinya.

Sesmen minta agar jajaran Kemenpora meningkatkan kinerja administrasinya. "Kalau tidak ada keinginan dari kita untuk memperbaiki, jangan-jangan kita termasuk pada kementerian yang lambat melakukan reformasi birokrasi," ujar Wafid.

Sebelumnya, Nurdin Ibrahim, ketua panitia rakor melaporkan, dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah program kerja bagian tata usaha biro umum.  "Tujuan kegiatan ini untuk dapat memajukan visi dan  menyatukan misi di bidang ketata usahaan untuk meningkatkan kinerja pengolahan naskah dinas dan pengamanan dokumen di lingkungan Kemenpora," tambahnya.

Kegiatan akan diisi dengan diskusi bersama para narasumber, diantaranya  Asmawi Rewansyah (Kepala Lembaga Administrasi Negara), Ferdinan Imanuel (Deputi Bidang Pembinaan dan Persandian Lembaga Sandi Negara), M. Taufik (Deputi Menpan), Bagus Sucitra (Kepala Biro Humas Kemenpora). (rin)