Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Presiden Minta Paskibraka Jalankan Tugas dengan Baik

Senin, 15 Agustus 2011 16:38:43

Presiden SBY didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Wapres serta para menteri memberi selamat pada Paskibraka 2011 usai dikukuhkan dalam suatu upacara yang khidmad hari Senin (15/8) sore di Istana Negara. (foto: abror/presidensby.info)

Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hari Senin (15/8) sore mengukuhkan 66 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2011 dalam   upacara khidmad di Istana Negara. Upacara pengukuhan diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta. Ikut menyaksikan pengukuhan ini Wakil Presiden Boediono, Ibu Negara Ani Yudhoyono dan Ibu Herawati Boediono serta pejabat Kabinet Indonesia Bersatu II, Panglima TNI, Kapolri dan jajaran TNI Nasional, Kementerian Pemuda dan Olahraga dan tamu undangan. 

Secara simbolis Presiden menyematkan lencana dan memasangkan kendit sebagai tanda dikukuhkannya Paskibraka 2011. Pin dan kendit disematkan kepada Dea Ayu Tiara Hastika (16) siswi SMAN 2 Palangkaraya Kalimantan Tengah yang sekaligus bertindak sebagai pemimpin upacara. 

Dalam pesannya, Presiden mengucapkan selamat kepada seluruh anggota Paskibraka tahun 2011. "Kalian adalah pemuda-pemudi terpilih. Kalian telah mengikuti seleksi ketat, dan kemudian telah mengikuti serangkaian latihan yang keras. Oleh karena itu saya percaya tugas yang mulia tetapi tidak ringan ini akan dapat kalian laksanakan dengan baik," ujar Presiden.

"Kalian harus patut berbangga karena peringatan Hari Kemerdekaan ini hanya diperingati setap tahun sekali dan dari jutaan pemuda di seluruh tanah air, kalian semua terpilih untuk mengibarkan Sang Saka Merah Putih pada peringatan hari paling bersejarah. Oleh karena itu saya berharap laksanakan tugas itu dengan sebaik-baiknya, pertanggungjawabkan misi sejarah yang diberikan kepada kalian semua," kata Kepala Negara. 

Presiden mengatakan, kelak momen akan menjadi bagian kehidupan yang penting bagi para Paskibraka. Kesempatan ini memberi peluang besat untuk meniti karier.  "Di depan kalian terbuka peluang besar untuk meniti karir, untuk berihtiar, berupaya dan berjuang membangun masa depan yang baik. Masa depan Indonesia sangat tergantung dengan generasi muda. Hanya di tangan generasi muda yang baik, berakhlak mulia dan berbudi pekerti luhur, menguasai teknologi dan ulet serta tidak mengenal menyerah dan rukun dan mempunyai cita-cita di tengah dunia yang keras. Di tangan kalianlah negara kita akan maju dan makin berjaya," katanya. 

Presiden juga berpesan agar para anggota Paskibraka tetap menjaga hubungan baik dengan rekannnya. "Saling berbagi pengalaman, saling mengobarkan dan semangat idealisme, saling mendoakan memohon ridho Tuhan Yang Maha Esa agar perjalanan kalia ke depan dituntun-Nya dan mendapat tugas yang penting dan mulia. Selamat dan laksanakan tugas degan baik-baiknya dan saya dengan tulus mendoakan supaya kalian menjadi pemimpin bangsa dan negara yang kita cintai bersama. Teruskan perjuangan perintis bangsa," tandas Presiden. 

Prosesi ini ditutup dengan lagu Indonesia Raya dan dan dirangkai dengan ucapan selamat oleh Presiden dan Ibu Negara kepada para Paskibraka, diikuti Wapres dan Ibu Herawati Boediono dan para menteri. (rma)

Pebruari 2016
Min
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29