Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Menpora RI Dukung Kempo Dapat Dipertandingkan di SEA Games hingga Olimpiade


Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali memberikan apresiasi dan terus mendukung agar Kempo dapat dipertandingkan di tingkat internasional mulai di SEA Games hingga ke Olimpiade. Hal itu disampaikan Menpora RI saat memberikan sambutan pada Kejuaraan Nasional Tandoku Virtual Shorinji Kempo Piala Menkominfo 2020.(foto:raiky/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali memberikan apresiasi dan terus mendukung agar Kempo dapat dipertandingkan di tingkat internasional mulai di SEA Games hingga ke Olimpiade. Hal itu disampaikan Menpora RI saat memberikan sambutan pada Kejuaraan Nasional Tandoku Virtual Shorinji Kempo Piala Menkominfo 2020. 

"Kempo harus berjuang keras bagaimana supaya stabil dipertandingkan di setiap kegiatan SEA Games, tentu harus melobi pimpinan Kempo dunia. Kita dukung apa yang diperlukan dari Kemenpora kita akan lakukan," ujar Menpora RI di Ruang Anantakupa, Gedung Kemenkominfo, Jakarta, Kamis (13/8) pagi.  

Menpora RI meyakini jika Kempo dapat dipertandingkan di SEA Games akan banyak medali yang bisa dipersembahkan untuk Merah-Putih. "Kalau ini (Kempo) dipertandingkan di SEA Games pasti akan banyak medali yang akan disumbangkan. Ini harapan kita apa yang dibutuhkan dari pemerintah selalu akan kita support. Saya juga setuju jika Kempo akan ada kejuaraan setiap tiga bulan sekali terlebih Menkominfo akan menjadi Ketua Dewan Kehormatannya," lanjutnya.  

Menpora RI terus mengingatkan sekaligus berharap setiap kementerian yang ada di Indonesia memiliki satu cabang olahraga (cabor) unggulan yang didukung. "Harapan kami jika boleh di satu kementerian ada satu cabang olahraga unggulan dan didukung. Saya berterima kasih kepada Kemen Kominfo yang telah mendorong Kempo. Perjuangan Kempo masih ada agar dipertandingkan di SEA Games, Asian Games dan kalau bisa menjadi cabang yang dipertandingkan hingga ke Olimpiade," harapnya. 

"Arahan Bapak Presiden, Indonesia akan mengikuti bidding menjadi tuan rumah Olimpiade 2032. Sebagai tuan rumah selain pencak silat harus ada cabor lain yang bisa diunggulkan yang menghasilkan banyak medali," tambahnya.  

Menurutnya, Menkominfo juga sangat mendukung akan kelancaran Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. "Menkominfo telah menandatangani Government Agreement untuk kelancaran pelaksanaan Piala Dunia U-20/2021 di sektor internet untuk pelaksanaan siaran langsung ke seluruh penjuru dunia," tambahnya.  

Kejuaraan yang mengangkat tema Meraih Prestasi di masa Pandemi untuk Indonesia Maju ini lanjutnya, selain menyehatkan dan membugarkan sekaligus sebagai pembakar semangat seluruh rakyat Indonesia dalam rangka memperingati HUT RI ke-75. 

"Mudah-mudahan kejuaraan ini akan menghasilkan atlet-atlet Kempo yang tangguh dan bisa diandalkan mengharumkan nama bangsa dan negara di seluruh pertandingan di tingkat internasional," harapnya. 

Menkominfo Johnny G. Plate menyampaikan Kejuaraan Nasional Tandoku Virtual Shorinji Kempo Piala Menkominfo 2020 menjadi bagian rangkaian peringatan HUT RI ke-75. "Shorinji Kempo merupakan seni beladiri yang berasal dari Jepang tidak saja mengajarkan tehnik beladiri tetapi juga melatih kepekaan diri baik secara fisik dan mental. Ini sesuai dengan falsafah beladiri Kempo," ujarnya.  

"Meski dilaksanakan secara virtual esensi dalam menjaga kebugaran tubuh dan sportifitas bertanding tetap harus terjaga. Selain itu kejuaraan ini untuk memastikan imunitas tubuh sehat dan kuat untuk melawan Pandemi Covid-19," tuturya. 

"Selamat bertanding kepada seluruh atlet. Semoga kejuaraan ini menghasilkan atlet-atlet yang tidak hanya mampu berkompetisi tetapi juga mampu menjadi duta-duta pola hidup sehat, duta-duta disiplin protokol kesehatan untuk memutus rantai Covid-19," tutupnya. 

Kejuaraan Nasional Tandoku Virtual Shorinji Kempo ini diikuti 34 kontingen, 33 provinsi ditambah 1 host Dojo Kominfo. Atlet kenshi yang bertanding sebanyak 210 kenshi terdiri dari 112 putra dan 98 putri. Ofisial berjumlah 46 dan menejer 37 orang sehingga total peserta sebanyak 293 orang. Nomor yang dipertandingkan sebanyak 7 yakni (embu solo kyu kenshi putra, embu solo kyu kenshi putri, embu solo yudansha I dan putra, embu solo yudansha I dan putri, embu solo yudansha II,III dan putra, embu solo yudansha II,III dan putri, embu solo beregu campuran). (ben)