Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

Membangun Olahraga Nasional Harus dengan Kebersamaan dan Kekompakan


Menpora Zainudin Amali menyampaikan pembangunan olahraga tidak mungkin dilakukan secara parsial dan sendiri-sendiri perlu kekompakan semua stakeholders olahraga. Hal itu Menpora sampaikan saat memberikan sambutan di Rapat Koordinasi Nasional Keolahragaan di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (13/12) kemarin.(foto:satria/kemenpora.go.id)
Jakarta: Menpora Zainudin Amali menyampaikan pembangunan olahraga tidak mungkin dilakukan secara parsial dan sendiri-sendiri perlu kekompakan semua stakeholders olahraga. Hal itu Menpora sampaikan saat memberikan sambutan di Rapat Koordinasi Nasional Keolahragaan di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Jumat (13/12) kemarin.

Menpora tegaskan harus ada kebersamaan dan kekompakan dalam membangun olahraga baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, cabang olahraga serta berbagai pihak terkait pembangunan prestasi olahraga nasional. "Kemenpora menginisiasi pelaksanan Rakornas ini karena menjelang tahun 2020 program-program kementerian ada yang disesuaikan dan dikoordinasikan dengan cabor, Dispora 34 provinsi serta kementerian/lembaga yang hadir menjadi narasumber mendukung acara ini," kata Menpora didampingi Sesmenpora Gatot S Dewa Broto.

Menpora yang hobi bermain golf ini menilai arah pembinaan olahraga nasional masih tertinggal dengan negara lain meski demikian Presiden dan kementerian/lembaga sangat mendukung langkah Kemenpora menuju pembinaan yang berkelanjutan yang lebih baik, ia berharap forum ini berlanjut ke forum yang lebih kecil seperti FGD untuk terus fokus dan terarah.

"Mari lakukan langkah demi langkah untuk pembudayaan, pemasallan olahraga dan untuk pembinaan prestasi tanpa itu jangan harap olahraga berprestasi Presiden sangat suport dan memberikan dukungan kepada olahraga, para menteri di kabinet pun juga memberikan dukungan yang sama," tambahnya di acara mengangkat 'Mewujudkan Pembangunan Keolahragaan yang Maju dan Berdaya Saing' ini. 

Menpora berharap hasil dari Rakornas ini menjadi rekomendasi dan pegangan untuk pemerintah, dispora, cabang olahraga, NOC, Koni dan semua unsur yang terlibat dalam pembinaan olahraga nasional. "Kami ucapkan terima kasih apresiasi tinggi karena kitalah yang bertanggungjawab atas masa depan olahraga nasional, jangan berhenti kita bersama-sama memasalkan olahraga baik olahraga prestasi maupun olahraga rekreasi Kemenpora sangat mengharapkan rekomendasi dari Rakornas ini," harapnya.

Nampak hadir para pejabat Eselon I,II Kemenpora, Sekjen KONI Pusat Soewarno, Ketua Umum Formi Hayono Isman, Ketum NOC Raja Sapta Oktohari, Iwan Foundation Ibnu Jamil, para ketua cabor dan para stakeholders olahraga serta narasumber dari kementerian/lembaga terkait. (ben)