Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Kenakan Baju Batik, Menpora Saksikan Perhelatan Pembukaan SEA Games 2019 Filipina


Pembukaan SEA Games 2019 resmi dibuka oleh Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, di Philippine Arena, Bulacan, pada Sabtu (30/11) malam. Menpora Zainudin Amali didampingi Duta Besar Indonesia untuk Filipina Sinyo Harry Sarundajan dan Presiden NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari ikut menyaksikan meriahnya acara pembukaan.(foto:dok/kemenpora.go.id)
Filipina: Pembukaan SEA Games 2019 resmi dibuka oleh Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, di Philippine Arena, Bulacan, pada Sabtu (30/11) malam. Menpora Zainudin Amali didampingi Duta Besar Indonesia untuk Filipina Sinyo Harry Sarundajan dan Presiden NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari ikut menyaksikan meriahnya acara pembukaan.
  
Pembukaan pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara ke-30 yang memiliki motto 'We Win As One' tidak hanya berlangsung di Philippine Arena, tetapi juga melibatkan Clark City sebagai lokasi kaldron. Setelah dibuka berbagai tari-tarian tradisional, defile kontingen dari berbagai negara mendapat giliran tampil. 

Defile Indonesia, yang dipimpin atlet polo air Ridjkie Mulia sebagai pembawa bendera, masuk arena setelah kontingen Brunei Darusalam dan Kamboja. Ridjkie  merupakan atlet polo air putra yang turut mempersembahkan emas pertama bagi Indonesia pada pesta olahraga negara Asia Tenggara tahun ini.

Penunjukkan Ridjkie sebagai flag bearer sudah dilakukan jauh-jauh hari sebelum acara pembukaan. Bukan sebuah kebetulan Ridjkie berhasil meraih emas sebelum acara pembukaan dilangsungkan. Bersama Timnas polo air putra Indonesia, salah satu atlet langganan polo air itu berhasil mengakhiri dominasi Singapura pada cabang olahraga akuatik.

Setelah parade defile usai, sambutan panitia penyelenggara SEA Games menjadi acara selanjutnya. Duterte kemudian naik ke atas podium setelah dipersilakan dan membuka SEA Games 2019 Filipina secara singkat.

Acara pembukaan SEA Games 2019 melibatkan artis-artis lokal seperti Christian Bautista yang juga tenar di Indonesia. Selain itu terdapat musisi internasional keturunan Filipina, Apl.de.ap yang merupakan salah satu anggota grup vokal The Black Eyed Peas. (amr)