Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia

60% Dihuni Atlet Junior, SEA Games ke-30 Filipina Sasaran Antara untuk Prestasi Asian Games dan Olimpiade


Menpora Zainudin Amali menyampaikan kesiapan atlet Indonesia yang akan mengikuti 52 cabang olahraga dari total 56 cabang olahraga yang dipertandingkan. Kontingen Indonesia tidak mengikuti 4 cabang olahraga yang dipertandingkan karena 4 cabor itu adalah cabang olahraga baru yang dipersiapkan tuan rumah dan tidak ada federasinya di tanah air.(foto:putra/kemenpora.go.id)
Bogor: Menpora Zainudin Amali menyampaikan kesiapan atlet Indonesia yang akan mengikuti 52 cabang olahraga dari total 56 cabang olahraga yang dipertandingkan. Kontingen Indonesia tidak mengikuti 4 cabang olahraga yang dipertandingkan karena 4 cabor itu adalah cabang olahraga baru yang dipersiapkan tuan rumah dan tidak ada federasinya di tanah air. 

"Jumlah atlet yang akan mengikuti SEA Games ke-30 tahun 2019 adalah sebanyak 841 atlet dengan didampingi pelatih dan ofisial sebanyak 256 orang dan dukungan tim medis, tim keolahragaan dan berbagai unsur pendukung lainnya sehingga totalnya berjumlah 1.303 orang," kata Menpora.

SEA Games ke-30 ini lanjut Menpora, merupakan sasaran antara untuk meraih prestasi di Asian Games dan Olimpiade yang menjadi target utama. "Komposisi kontingen SEA Games ke-30 ini terdiri dari 60% atlet junior dan 40% atlet senior hal ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi atlet-atlet muda kita untuk merasakan atmosfir multievent internasional sehingga dapat berprestasi di masa yang akan datang," ujar Menpora.

Beberapa cabang olahraga telah mulai bertanding lebih awal seperti cabor berkuda, layar, menembak, polo air dan ice skating serta gymnastic. "Dan kemarin sudah diawali oleh timnas sepakbola putra kita yang alhamdulillah memenangkan pertandingan melawan tim dari Thailand, mudah-mudahan kemenangan tim Indonesia ini akan menjadi energi positif dan penyemangat bagi tim-tim yang akan bertanding selanjutnya," tambah Menpora.

Sebagai pemberitahuan SEA Games ke-30 tahun 2019 di Filipina akan diselenggarakan mulai tanggal 30 November hingga 11 Desember 2019 di empat cluster yakni cluster Manila, cluster Subic, cluster Clark dan cluster Luzon. Nampak hadir Sesmenpora Gatot S Dewa Broto, Plt. Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Portwanti, Presiden NOC Raja Sapta Oktohari dan CdM Kontingen Indonesia Harry Warganegara. (ben)