Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Kemenpora Gelar Seleksi Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional


Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh membuka Kegiatan Penyelenggaraan Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional di Hotel Belezza Suites Jalan Letjen Soepono Nomor 34 Arteri Permata Hijau Jakarta Selatan. Kegiatan yang digelar dari tanggal 1 s/d 4 Oktober ini menurutnya, sejarah pergerakan Indonesia adalah sejarah kaum muda dengan segala keunggulannya. (foto: dok/kemenpora.go.id)
Jakarta: Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Asrorun Niam Sholeh membuka Kegiatan Penyelenggaraan Pemilihan Pemuda Pelopor Tingkat Nasional di Hotel Belezza Suites Jalan Letjen Soepono Nomor 34 Arteri Permata Hijau Jakarta Selatan. Kegiatan yang digelar dari tanggal 1 s/d 4 Oktober ini menurutnya, sejarah pergerakan Indonesia adalah sejarah kaum muda dengan segala keunggulannya. 
 
“Peran kepeloporan, begitu juga penggerak perubahan adalah hal yang paling ditunggu oleh Khalayak yg disokong oleh Pemuda dari waktu ke waktu, karena perubahan dan kepeloporan adalah nafas dari kepemudaan itu sendiri. Ini juga menjadi komitmen dan ikhtiar Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora RI menjalankan amanat UU Kepemudaan dalam menggerakkan kepeloporan dan kepemimpinan pemuda," katanya. 
 
Sementara Asisten Deputi Kepemimpinan dan Kepeloporan Pemuda Ibnu Hasan menyampaikan bahwa, jumlah peserta Pemuda Pelopor itu sendiri dari 34 Propinsi yang mengirimkan hanya 24 Propinsi, berkas masuk 106 proposal, lulus Administrasi 86 berkas dan di Fact Finding, dari hasil pleno menghasilkan 53 proposal dan selanjutnya di panggil untuk penjurian ke Nasional, dari 53 orang yang dipanggil ada yang gugur karena sakit 2 orang jadi yang masuk penjurian tinggal 51 orang. “ yang kita lombakan ada 5 bidang yakni, Bidang Pangan: 8 orang, Pendidikan: 14  orang, Inovasi Teknologi: 5 orang , SDA, lingkungan dan pariwisata: 10 orang, Agama, sosial dan Budaya: 14 orang," katanya 
 
Harapan untuk tahun yang akan datang seluruh propinsi bisa mengirimkan perwakilan pemuda-pemuda terbaiknya di propinsi yang mempunyai jiwa kepeloporan agar berguna untuk Nusa dan Bangsa. Pemilihan pemuda pelopor Tingkat Nasional diselenggarakan secara berjenjang, mulai dari tingkat Kabupaten/kota, Propinsi dan Nasional. (dok/deputi2)