Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Berpakaian Koromo, Sesmenpora Buka Festival Kempo Internasional di Jakarta


Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto menghadiri acara Internasional Shorinji Kempo Festival di Gedung Olahraga Bulungan, Jakarta, Minggu (8/9). Mengenakan pakaian koromo, Sesmenpora secara resmi membuka kegiatan tersebut dengan menjatuhkan tongkat.(foto:bagus/kemenpora.go.id)
Jakarta: Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto menghadiri acara Internasional Shorinji Kempo Festival di Gedung Olahraga Bulungan, Jakarta, Minggu (8/9). Mengenakan pakaian koromo, Sesmenpora secara resmi membuka kegiatan tersebut dengan menjatuhkan tongkat. 

Informasi yang dihimpun, festival ini diramaikan dari berbagai negara, yakni dari Indonesia, Malaysia, Laos, Brunei Darusalam, Vietnam, Singapura, dan Jepang. Berbagai atraksi bela diri seperti kempo hingga pencak silat ikut berpartisipasi dalam festival kempo kali ini.

“Melalui acara ini, acara Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia bertepatan menjelang acara Hari Olahraga Nasional. Acara festival ini sangat baik karena mempertemukan anggota Perkemi. Selamat, semoga sukses festival ini, sukses juga untuk shorinji kempo Indonesia,” kata Sesmenpora.

Dalam kesempatan ini juga, Sesmenpora menjelaskan, olahraga kempo akan dipertandingkan dalam PON 2020 di Papua. Mendengar hal tersebut, para atlet kempo dan tamu yang datang merasa antusias dan bertepuk tangan. 

“Perlu saya sampaikan, shorinji kempo saya harap tidak ada perpecahan. Makanya pada kesempatan ini, menyambut PON di Papua, salah satu cabang olahraga yang akan dipertandingkan adalah kempo,” ujar Sesmenpora lalu disambut tepuk tangan yang meriah oleh tamu dan atlet.

Sementara itu, pendiri Persaudaraan Beladiri Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi), Ginanjar Kartasasmita mengatakan, pihaknya telah melewati masa yang penuh tantangan. Ia meminta kepada jajaran pengurus Perkemi tetap berpegang pada asas yang mulia.

“Kita telah melewati masa yang penuh tantangan dan Perkemi tetap tegar. Kita berpegang dengan asas yang mulia, yaitu siap berkorban untuk tanah air. Keterikatan persaudaran dan rasa cinta sesama manusia. Hal itu adalah nilai yang akan kita pegang dan perjuangkan. Marilah kita bersama membukatkan tekad membangun shorinji kempo,” tutur Ginanjar. 

Hadir dalam kesempatan ini, Ketua Umum Perkemi Aswari Rivai, perwakilan dari Kementerian Kominfo, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi, perwakilan Duta Besar Laos untuk Indonesia, hingga perwakilan Duta Besar Brunei Darusalam untuk Indonesia, dan perwakilan dari Komisi X DPR RI. (jef)