Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Buka Grand Final E-Sport JD.ID High School League 2018, Menpora Harap E-Sport Raih Medali Emas di SEA Games 2019


Menpora Imam Nahrawi membuka babak final kompetisi e-Sport, di Britama Arena, Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (13/12) siang. Ajang unjuk prestasi JD.ID High School League 2018 ini diikuti berbagai atlet sekolah menengah tingkat atas seluruh Indonesia dengan memperebutkan beasiswa total 1,2 Milyar.(foto:bagus/kemenpora.go.id)
Jakarta: Menpora Imam Nahrawi membuka babak final kompetisi e-Sport, di Britama Arena, Mahaka Square, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Kamis (13/12) siang. Ajang unjuk prestasi JD.ID High School League 2018 ini diikuti berbagai atlet sekolah menengah tingkat atas seluruh Indonesia dengan memperebutkan beasiswa total 1,2 Milyar.
 
Dunia games anak muda yang kini telah berubah menjadi cabang olahraga ini semakin berkembang pesat. Apa yang dahulunya dianggap buang-buang waktu kini menjadi harapan baru untuk dapat berprestasi dan turut serta mampu mengharumkan nama bangsa.
 
"Pertama saya menyampaikan salam dari Bapak Presiden Jokowi untuk semuanya. Kedua, pemerintah terus mendukung e-Sport yang telah dipertandingkan secara eksebisi di Asian Games dan atlet kita menunjukkan prestasi luar biasa. Dulu hal ini dianggap oleh banyak orang sebagai sesuatu yang buang-buang waktu, kini menjadi bagian anak muda yang sedang melihat masa depan penuh kesuksesan dan harapan Indonesia," ucap Menpora saat menyampaikan sambutan mewakili Presiden. 
 
Tahun 2019 di SEA Games Filipina, e-Sport bukan lagi sebagai tanding ujicoba tetapi masuk menjadi cabor yang resmi dipertandingkan untuk memperebutkan medali. Menilik prestasi apa yang diraih atlet-atlet Indonesia pada Asian Games yang lalu dengan raihan satu emas dan satu perak dengan saingan Korea dan China, maka pada pesta olahraga Asia Tenggara nanti saingan berat tinggal tuan rumah sehingga harapan baru Indonesia untuk mendulang emas.
 
"Kompetisi ini momen untuk memasifkan e-Sports. Terima kasih kepada para pengurus, sponsor, panitia, orang tua, dan seluruh atlet. Saya berharap dari sini akan muncul atlet yang bisa bertanding pada SEA Games 2019 mendatang. Saya yakin dari 6 nomor kita setidaknya dapat 4 emas," kata Menpora penuh optimisme.
 
Pembukaan ditandai dengan pelepasan kerudung Piala HSL 2018 dan dilanjutkan menyaksikan dua tim awal yang berlaga yaitu SMK Telkom Makassar melawan SMA Petra I Surabaya. Hadir, Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta, Komisi Executive Sport for All KOI Bambang Rus Effendi, Head of Gaming and Computer Accessories Category Henry Yacob, Head of Marketing JD ID Mia Fawzia, Vice Presiden HSL Sonny Hadi Sukotjo. (cah)