Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Menpora Beri Apresiasi dan Penghargaan Kepada 110 Atlet Indonesia Berprestasi di Berbagai Event Internasional


Menpora Imam Nahrawi memberi apresiasi dan penghargaan kepada 110 atlet Indonesia yang berprestasi pada berbagai event internasional. Penghargaan itu diberikan langsung di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (5/12) sore.(foto:satria/kemenpora.go.id)
Jakarta: Menpora Imam Nahrawi memberi apresiasi dan penghargaan kepada 110 atlet Indonesia yang berprestasi pada berbagai event internasional. Penghargaan itu diberikan langsung di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (5/12) sore.   
 
Atlet yang menerima penghargaan yakni beprestasi di Asean Autism Games 2018, Mixed Doubles Youth pada 5th Asia Pacific Deaf Badminton 2018, juara Singa Cup U-14, juara 1 AFF U-16, Juara Grup A Piala Asia AFC U-19, juara pada ajang Asia Road Racing Championship 2018, peraih medali emas pada World Cadets Chess Championships 2018 under 10 girls, peraih medali perunggu pada Youth Olympic Games 2018 di Argentina dan peraih medali emas 565 kg pada International Powerlifting Federation 30th World Open Women’s Championship di Swedia 2018.
 
“Presiden memberi apresiasi kepada atlet, bonus sebelumnya juga sudah diberikan. Pak Presiden Jokowi tetap terus menyemangati seluruh anak bangsa agar terus memberikan kabar indah ke Indonesia lewat prestasi,” kata Menpora.
 
Menpora berharap, para orang tua dan pelatih agar tetap menyemangati dan memotivasi atlet untuk bisa terus mengukir prestasi. Tak hanya bonus, pemerintah kata Menpora akan memberi kesempatan untuk atlet berprestasi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).“Kemarin, atlet berprestasi mengikuti kesempatan untuk menjadi PNS, mereka senang. Jika anaknya bermimpi jadi atlet, maka (orang tua) dorong dan semangati lah,” ucapnya.
 
“Jadi, ini merupakan penghargaan kesekian kalinya yang diberikan pemerintah kepada para atlet peraih medali di event skala Asia dan dunia. Atlet juara road race juga dapat bonus, angkat besi juga begitu, lainnya atlet berpeestasi jiga diberi penghargaan,” tambah Menpora.
 
Menpora menuturkan, penghargaan ini bentuknya berupa beasiswa bagi atlet yang masih pelajar. Kemudian, untuk atlet senior mendapatkan dana pembinaan yang jumlahnya masing-masing bervariasi.
 
“Total semua hari ini diberikan lebih kurang sekitar Rp 5 miliar, diberi ke mereka. Atletnya 110 atlet, ini mungkin jadi bonus akhir tahun. Kepada para atlet, berjuang lah untuk mengharumkan nama bangsa,” jelasnya.
 
Sementara itu, salah seorang penerima bonus adalah pesepakbola Witan Sulaiman. Penggawa timnas U-19 yang menjuarai grup A Piala Asia AFC ini sangat senang mendapat apresiasi dan bonus dari Kemenpora.
 
“Terima kasih sudah diberi apresiasi Kemenpora. Ini berkat kerjasama tim, apresiasi ini lebih memotivasi kita untuk bikin prestasi lebih baik lagi. Haralan ke depannya semoga tetap terus berprestasi,” kata Witan.(jef)