Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Berkunjung ke Kemenpora, Wali Kota Kesennuma Jepang Kenalkan Host Town untuk Olimpiade dan Paralimpiade 2020


Menpora Imam Nahrawi yang diwakili Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menerima kunjungan Wali Kota Kesennuma Jepang, Shigeru Sugawara beserta rombongannya di Lantai 3, Kemenpora, Jakarta, Senin (15/10). Dalam kunjungan itu, Sugawara memperkenalkan Kesennuma sebagai host town untuk Olimpiade dan Paralimpiade 2020.(foto:satria/kemenpora.go.id)
Jakarta: Menpora Imam Nahrawi yang diwakili Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menerima kunjungan Wali Kota Kesennuma Jepang, Shigeru Sugawara beserta rombongannya di Lantai 3, Kemenpora, Jakarta, Senin (15/10). Dalam kunjungan itu, Sugawara memperkenalkan Kesennuma sebagai host town untuk Olimpiade dan Paralimpiade 2020.  

Sugawara menjelaskan, host town ini bertujuan untuk membantu tim yang akan tampil di ajang tersebut serta menikmati masa tinggal di Jepang. Selain itu, tim tamu juga akan memiliki pertukaran budaya yang hangat dengan kediaman tuan rumah untuk memperdalam persahabatan."Sistem host town ini dibuat agar semarak olimpiade tidak hanya di Tokyo, tapi juga di kota-kota lainnya," kata Sugawara.

Dia menjelaskan, pihaknya juga akan mengirimkan surat resmi ke Kemenpora terkait penawaran host town ini. Surat itu, kata Sugawara akan segera dikirim sebagai tindak lanjut dari hasil pertemuan. Dipertemuan ini, dia juga mengungkapkan hubungan antara Indonesia dan Jepang sangat erat. "Hubungan antara Kesennuma dengan Indonesia sangat erat, Indonesia membantu Kesennuma saat mengalami musibah (beberapa tahun lalu)," bebernya.

Sesmenpora Gatot S Dewa Broto yang mendengar penjelasan Sugawara kemudian merespons baik wacana itu. Dia juga mengungkapkan, Indonesia dan Jepang memiliki hubungan yang baik. "Sangat penting bagi kami untuk mengenal Kota Kesennuma. Hubungan antara Indonesia dan Kesennuma semakin baik, mengingat kedua negara saling membutuhkan," jelas Gatot. (jef)