Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Hadiri Milad ke-4 LSKM Kalbar, Menpora: Indonesia Indah Karena Keberagaman

Jumat, 06 Oktober 2017 23:30:00

Menpora Imam Nahrawi bersama Pimpinan Majelis Asy Syarohut Thohur Habib Muhammad Toha bin Husein Al Jufri dan Tokoh Budayawan Nasional Sujiwo Tejo, menghadiri Milad ke-4 Laskar Satuan Keluarga Madura (Laskar Sakera) Kalbar, di Kampus STIE Pontianak Timur, Kalimantan Barat, Jum'at (6/10) malam. Laskar Sakera yang dibidani kelahirannya 21 September 2013, 4 tahun lalu, bertujuan mempererat silaturahmi, memperkokoh persatuan antar pemuda-pemuda Madura dan antar etnis-etnis lain di Kalimantan Barat.(foto:raiky/kemenpora.go.id)

Pontianak: Menpora Imam Nahrawi bersama Pimpinan Majelis Asy Syarohut Thohur Habib Muhammad Toha bin Husein Al Jufri dan Tokoh Budayawan Nasional Sujiwo Tejo, menghadiri Milad ke-4 Laskar Satuan Keluarga Madura (Laskar Sakera) Kalbar, di Kampus STIE Pontianak Timur, Kalimantan Barat, Jum'at (6/10) malam. Laskar Sakera yang dibidani kelahirannya 21 September 2013, 4 tahun lalu, bertujuan mempererat silaturahmi, memperkokoh persatuan antar pemuda-pemuda Madura dan antar etnis-etnis lain di Kalimantan Barat. 

Menpora menyampaikan terima kasih dan apresiasi luar biasa terhadap keberadaan Laskar Sakera yang merupakan kumpulan anak-anak muda dari Ikatan Keluarga Besar Madura di Kalimantan Barat yang lahir dengan tujuan mulia. Sadar akan banyaknya keberbedaan di tengah masyarakat, namun ditemukan sebuah simpul persatuan untuk membangun kebersamaan dan menjaga NKRI. "Indonesia ada karena rajutan dari banyaknya perbedaan. Laskar Sakera lahir untuk tujuan mulia, menjalin silaturahmi, menjaga persatuan antar pemuda Madura dan tetap berdampingan dengan berbagai perbedaan etnis-etnis lain yang ada di Kalbar, terima kasih Laskar Sakera," kata Menpora. 

Dalam kesempatan acara harlah yang dihadiri lebih dari 5.000 masyarakat dengan berbagai panji yang berkibar tersebut tidak lupa Menpora menyampaikan program unggulan dan tugas utama mensukseskan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018 yang tinggal hitungan bulan. "Perlu diketahui, saya gulirkan Liga Santri Nusantara, selain dalam rangka tujuan prestasi, ingin mengembangkan budaya pesantren yang cinta shalawat dan ucapan kebaikan dapat hadir di lapangan dan tribun penonton menggantikan ujaran-ujaran kebencian dan rasisme yang pasti amat merugikan semua pihak," tambah Menpora. 

"Demikian pula dengan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games, saya akan tunjukkan kepada seluruh negara-negara yang datang, bila akan belajar bagaimana menghargai perbedaan belajarlah ke Indonesia, disinilah tempatnya hidup nyaman berdampingan dengan berbagai suku, agama, budaya, bahasa yang terbesar di dunia," tutup Menpora. 

Ada kutipan yang dapat dipetik dari Budayawan Nasional asli Madura Sujiwo Tejo saat menyampaikan orasi Shalawat Kebudayaan. "Semua suku bangsa di Indonesia mempunyai kekuatan masing-masing, dan yang paling penting menyatunya semua kekuatan itu. Adapun kekuatan orang Madura adalah mau dan mampu melakukan sesuatu dimana masyarakat lain tidak melakukan," katanya.

Adapun Ketua Laskar Sakera Guntur Fandana dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran para alim ulama, habaib, dan tokoh-tokoh nasional yang hadir, sebagai restu akan tujuan mulia kaum muda turut serta menjaga dan memperkokoh semangat kebangsaan, penjaga tetap tegaknya NKRI. "Laskar Sakera berdiri 4 tahun lalu, untuk mempererat silaturahmi antar pemuda Madura dan menjembatani hubungan baik antar etnis yang ada di Kalbar. Ini semua bagian dari usaha anak-anak muda menjaga tegaknya NKRI, " ucapnya.

Usai orasi Shalawat Kebudayaan dari para tohoh, tanya jawab dari beberapa yang masyarakat yang hadir, pemotongan tumpeng dan pemberian bola oleh Menpora sebagi simbul terus jayanya olahraga Indonesia serta diakhiri dengan lantunan doa. Hadir berbagai perwakilan pemerintah daerah sebagai wujud perhatian, Kadisporapar Kalbar Kartius, Sesdisporapar Windy Prihastari, Kabid Olahraga Disporapar Sugeng Hariadi, unsur Forkompimda, serta Ketua Ikatan Keluarga Besar Madura Kalbar Sukiryanto. (cah)
Bookmark and Share
Oktober 2017
Min
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
31