Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Diberitahukan bahwa saat ini Call Center Kemenpora (1500 928) sudah aktif kembali.

Menpora: POPNAS XIV Fondasi Penting Melahirkan Atlet Nasional

Selasa, 12 September 2017 23:11:03

Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XIV Tahun 2017 secara resmi dibuka Menpora Imam Nahrawi didampingi Plt Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah.(foto:egan/kemenpora.go.id)

Semarang: Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XIV Tahun 2017 secara resmi dibuka Menpora Imam Nahrawi didampingi Plt Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Yuni Poerwanti dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Lapangan Simpang Lima, Semarang, Jawa Tengah.

Menpora ucapkan selamat atas terselenggaranya POPNAS XIV tahun 2017 di Semarang, Jawa Tengah. "Atas nama pemerintah kami ucapkan selamat atas terselenggaranya POPNAS 2017, terimakasih kepada seluruh masyarakat dan pemerintah daerah Jawa Tengah semoga melalui POPNAS mengantarkan atlet pelajar Indonesia untuk membawa nama harum bangsa Indonesia," ujar Menpora.

Menpora menilai POPNAS menjadi fondasi penting untuk memastikan agar kedepan bangsa Indonesia tidak kekurangan stok atlet tetapi sebaliknya sebagai ajang mencari atlet potensial dari desa, kampung dan sekolah-sekolah untuk diantar menjadi atlet elite.

"POPNAS menjadi penting karena dengan kompetisi usia dini seperti pelajar dan mahasiswa ini kedepan bangsa Indonesia memastikan masih banyak stok atlet berprestasi, tanpa hal itu kita akan defisit atlet, dengan berbasis pendidikan agar selain berprestasi di bidang olahraga juga berprestasi di bidang akademik," ucap Menpora.

"Kepada seluruh atlet, juri dan wasit harus berlaku sportif dan jujur, Jawa Tengah memiliki potensi luar biasa terbukti Hari Olahraga Nasional juga telah digelar di Jawa Tengah," tutupnya.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sampaikan ungkapan terimakasih karena Jawa Tengah dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan POPNAS XIV 2017, seluruh panitia diharapkan dapat melayani para atlet, ofisial, wasit dan seluruh stakeholders olahraga dengan baik agar POPNAS berjalan baik dan lancar.

"POPNAS diharapkan menjadi suatu media untuk melakukan cecking terhadap pelajar dan atlet muda yang akan diukur untuk menjadi atlet berprestasi nasional membawa nama harum bangsa dan negara, para wasit harus fair dan adil juga para atlet harus bermain sportif karena di balik kompetisi ada persaudaraan, silaturahmi dan NKRI yang harus dijaga," pesan Ganjar.

POPNAS XIV 2017 akan mempertandingkan 21 cabang olahraga dengan 287 nomor pertandingan, beberapa cabang olahraga (cabor) diantaranya angkat besi, atletik, basket, badminton, dayung, gulat, judo, karate, panahan, pencak silat, renang, senam, sepak bola, sepak takraw, taekwondo, tarung derajat, tenis lapangan, tenis meja, tinju, voli indoor, dan voli pasir.

Terdapat empat cabor yang berstatus eksebisi yakni sepatu roda, anggar, panjat tebing dan wushu. POPNAS XIV 2017 akan dilangsungkan pada 12-20 September di sejumlah kota di Jawa Tengah seperti Semarang, Solo, Kendal, Grobogan serta Surakarta.

Event ini akan diikuti sedikitnya 5.567 atlet dari 34 provinsi, 2500 wasit dan juri dan memperebutkan total 991 medali yang terdiri dari 287 emas, 287 perak, dan 417 perunggu untuk cabang ekhibisi memperebutkan 33 medali emas, 33 perak dan 62 medali perunggu.

Turut hadir Anggota DPR RI Komisi X Mujib Rahmat, Anggota DPD RI Bambang Sadono, Pangdam Diponegoro, Kapolda Jawa Tengah, Kajati Jawa Tengah, Ketua Umum KONI, Ketua Umum KONIDA Jawa Tengah, Ketua Umum PP/PB cabor POPNAS, para Gubernur se-Indonesia, Kadispora, Bupati dan Walikota se-Indonesia serta Taruna Akpol Jawa Tengah. (ben)
Bookmark and Share
Nopember 2017
Min
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30