Kementerian
Pemuda dan Olahraga
Republik Indonesia
Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Terkait Kasasi Ditolak MA, Menpora Mempertimbangkan untuk Peninjauan Kembali (PK)


Jakarta: Terkait penolakan Mahkamah Agung (MA) terhadap kasasi yang diajukan Menteri Pemuda dan Olah Raga soal gugatan PSSI terhadap SK Menpora Nomor 01307, Kepala Komunikasi Publik Gatot S Dewa Broto hari Senin (07/3) malam menggelar jumpa pers di Media Center Kemenpora Senayan, Jakarta.

Menurutnya sikap dan tanggapan Kemenpora secara garis besar menghormati proses hukum dan hasil kasasi MA. "Kemenpora sejauh ini sedang berusaha secepatnya untuk memperoleh petikan putusan kasasi MA tersebut langsung dari pihak MA (tanpa harus menunggu), akan segera mempelajari substansi materi yang menjadi putusan dan berikut pertimbangan MA dalam memutuskan kasasi tersebut, sambil menunggu diperolehnya petikan putusan kasasi, Kemenpora akan mempertimbangkan untuk menempuh proses hukum berikutnya berupa PK (Peninjauan Kembali)," kata Gatot.

"Berlanjutnya kemungkinan ke arah proses PK ini bukan maksud Kemenpora untuk tidak menghormati putusan kasasi MA, tetapi sebagai bagian dari upaya hukum Kemenpora untuk menggunakan hak hukumnya," tambahnya.

Pada peradilan Bulan Juli 2015 Kemenpora kalah dengan PSSI sesuai putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) nomor 91/G/2015/PTUN JKT tanggal 14 Juli 2015, dilanjutkan Banding pada bulan Oktober dituangkan dalam amar putusan PTUN Jakarta bernomor 266/B/2015/PTUN tertanggal 28 Oktober 2015 juga mengalami hal serupa, tidak berhenti di situ Kemenpora melanjutkan upaya hukumnya melalui kasasi dan hasilnya pun tidak berbeda melalui website resmi MA. 

Menurutnya proses hukum yang sedang berjalan bukan masalah kalah atau menangnya melainkan memasatikan proses hukum telah berjalan secara proper atau belum. "Bukan masalah kalah atau menang tetapi berjalan proper atau belum dan selama hak hukum dimungkinkan tanpa maksud mempersulit PSSI maka hak-hak itu akan kami pertimbangkan untuk digunakan," ujar Gatot. (ben)