Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

PSB Untuk Ciptakan Kesadaran Baru Mengurangi Dampak Bencana

Kamis, 22 April 2010 15:56:15

Jakarta: Organisasi Pemuda Siaga Bencana dibentuk untuk melakukan koordinasi kepada para pemuda di seluruh Indonesia untuk memiliki kesadaran baru dalam mengurangi dampak bencana.

Ketua Umum Pemuda Siaga Bencana Ade Erlangga Masdiana mengatakan, meski baru satu tahun berdiri, PSB mendapat respons positif dari seluruh lapisan masyarakat dan sudah berhasil terbentuk di 23 provinsi di Indonesia.

"Yang difokuskan adalah bencana sosial, bencana ekonomi dan berbagai macam bencana yang karena perilaku manusia. Kalau bencana alam barangkali mungkin lebih ke arah bagaimana dibentuk skill-skill yang harus dilatih kepada masyarakat," ujarnya saat Pembukaan Munas I Dewan Pimpinan Pusat Pemuda Siaga Bencana dan Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam di Wisma Karsa Pemuda, Senayan, Jakarta, Kamis (22/4) pagi.  

Organisasi tersebut, menurutnya, berusaha mengkoordinasikan para pemuda  di seluruh Indonesia untuk memiliki kesadaran baru untuk membangun sebuah harmoni lingkungan maupun harmonisasi budaya.

"Kami akan berusaha membuat berbagai macam pelatihan dari berbagai macam sektor agar lebih bisa menumbuhkan kemampuan untuk melakukan pencegahan dan teknik atau skill bagaimana kalau terjadi bencana," tambah Erlangga yang juga menjabat Asisten Deputi Pendidikan Kepemudaan pada Deputi Bidang Pengembangan Kepemimpinan Pemuda.

Pada kesempatan tersebut, Deputy Bidang Pemukiman dan Kependudukan DKI Jakarta Margani M. Mustar yang mewakili Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, PSB diharapkan tidak saja berada di garis depan dalam penanggulangan bencana, tapi juga menjadi agen penggerak agar masyarakat lain ikut serta dalam penanggulangan bencana.

"Selain menjadi frontliner, PSB juga harus menjadi agen penggerak bagi masyarakat yang tidak terkena bencana agar ikut memberikan bantuan,” ujar Margani yang menjadi pembicara di acara tersebut . (mal)

April 2010
Min
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30