Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia

Buka Tafisa 2016, Wapres Jusuf Kalla Tekankan Olahraga Penting untuk Persaudaraan dan Sportivitas

Sabtu, 08 Oktober 2016 21:00:00

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka The Association For International Sport for All (Tafisa) World Games atau Olimpiade Olahraga Masyarakat 2016, Sabtu (8/10) malam di Pantai Carnaval ABC Mal Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. (foto:muchlis/kemenpora.go.id)

Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla  membuka The Association For International Sport for All (Tafisa) World Games atau Olimpiade Olahraga Masyarakat 2016, Sabtu (8/10) malam di Pantai Carnaval ABC Mal Taman Impian Jaya Ancol,  Jakarta.
 
Dengan mengambil tema Unity In Diversity (bersatu dalam perbedaan). Tema ini merupakan perpaduan antara budaya dan teknologi yang menunjukkan Indonesia hebat. Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan, turunnya hujan saat ini membawa berkah. Wapres pun menceritakan saat  kecil sangat menikmati hujan ketika bermain bola. "Waktu saya kecil bermain bola sangat menyenangkan, jadi saya pikir pembukaan Tafisa Games 2016 saat hujan sangat membahagiakan," kata Jusuf Kalla.
 
"Saya sering sampaikan, bahwa manusia yang sehat selalu bergerak. Olahraga adalah bagian yang bergerak, karena itu apabila kita berolahraga maka kita memelihara kesehatan dan tentu kita akan lebih baik. Karena itulah saya memberikan penghargaan kepada panita karena Tafisa Games 2016 menggerakkan untuk berolahraga, menggerakkan olahraga tradisional yang mengembirakan tapi punya hasil yang sama dengan olahraga prestasi, " ucapnya.
 
Indonesia baru saja menyelanggarakan PON 2016, hari ini Tafisa Games 2016 dan akan datang Asian Games 2018. Hal ini merupakan upaya kita semua untuk meningkatkan mutu bangsa dan  mutu masyarakat sedunia dalam bentuk olahraga. Indonesia mempunyai keinginan dan peranan penting dalam olahraga. "Olahraga bukan hanya prestasi tapi juga persaudaraan,  sportivitas, kegembiraan dan kebanggaan. Karena itu,  kegembiraan, persudaraan dan prestasi ada di Tafisa Games ini, " ujarnya.
 
Seremonial pembukaan ditandai dengan Wapres bersama Menpora, Menko PMK Puan Maharani,  Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan Presiden Tafisa Juho Chang dan Ketua Pelaksana Tafisa Games 2016 Haryono Ismanmenabuh alat musik khas Bengkulu. Penabuhan ini menandakan Tafisa Gamea 2016 secara resmi di buka.
 
Menko PMK Puan Maharani menyampaikan,  tujuan Tafisa Gamea 2016 adalah memperkaya saling pemahaman dan pengalaman olahraga dan permainan tradisional dari berbagai masyarakat di dunia. "Tafisa Games 2016 akan mempertandingan 86 cabang olahraga dan 58 kegiatan dari 87 negara dengan total peserta dalam dan luar negeri berjumlah 14 ribu orang.  Sedangakan peserta dari dalam negeri sebanyak 3000 orang daro 34 Provinsi, " katanya.
 
"Perhelatan pesta olahraga rekreasi dunia atau The Assosication For Internasional Sport fot All (Tafisa) Games ke 6 dimulai dari tanggal 6 hingga 12 Oktober mendatang di Jakarta. Panitia juga mengagenda Global Forum dimana acara ini akan dilakikan deklarasi bersama dari seluruh negara peserta, " tambahnya.
 
Pada Tafisa  2016 dipertandingkan cabang olahraga yang tidak dipertandingkan di Olimpiade seperti olahraga elektronik ("e-sport), BMX, "skate board" dan panco ("arm wrestling"). Selain itu, ada pula pertunjukan permainan tradisional dari beberapa wilayah Indonesia.
 
Lokasi penyelenggaraan Tafisa World Games 2016 dipusatkan di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Beberapa tempat lain yang dijadikan lokasi acara adalah GOR Cempaka Putih, GOR Sunter, GOR Tanjung Priok, Jakarta Garden City di Cakung, Jakarta International Expo (JIE), Taman Mini Indonesia Indah, dan Pulau Pramuka.(rep)
Bookmark and Share
Pebruari 2017
Min
Sen
Sel
Rab
Kam
Jum
Sab
 
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28